Melalui Hasil Dana Swadaya, Warga Gotong Royong Perbaiki Jalan Sampiran - Sijopak Yang Rusak

Hasil dana swadaya, warga bergotong royong perbaiki jalan rusak


CIREBON, FC - Jalan mulus dan  nyaman bisa menjadi salah satu  pendukung warga bagi berbagai hal kebutuhan warga, baik yang beraktifitas kerja, sekolah, berbisnis maupun kebutuhan lainnya. 

Namun berbeda cerita, ketika jalan yang setiap hari dilintasi berada pada kondisi yang rusak parah. Tentu akan menggangu kenyamanan warga dan menghambat pada setiap aktifitas warga.  

Melihat kondisi ini, warga Dusun Sijopak, Desa Sampiran pun bergotong royong bangun rehab jalan raya Desa Sampiran - Sijopak sepanjang kurang lebih 500 M, dengan anggaran, Rp 15 juta, Selasa, 6 Februari 2024.

Perbaikan ini dilakukan karena kondisi  jalan sudah rusak parah. Warga yang merasa terganggu dengan kondisi jalan tersebut langsung terjun gotong royong memperbaiki jalan dengan anggaran dari hasil swadaya.

Warga dari Dusun Sijopak maupun warga masyarakat perumahan Griya Sampiran indah (GSI), juga donatur dari Jasa Marga ikut bergotong royong berswadaya untuk mengumpulkan dana dengan Sukarela.

"Kami yang peduli lingkungan.sangat prihatin dengan kondisi jalan rusak ini. Mestinya desa (kuwu) atau Pemda dan dinas terkait peduli apalagi ini jalan poros desa yang menghubungkan antara Kab.Cirebon dengan Kota Cirebon,' tutur tokoh masyarakat Dusun Sijopak, Dede Erwin.


Terkait jalan rusak ini, Dede Erwin mengaku sudah lelah mengajukan perbaikan baik ke desa maupun ke dinas terkait, namun tak pernah ada realisasi.

"Mangkanya kami adakan musyawarah bersama warga mencari solusi, alhamdulillah akhirnya ada kata sepakat untuk bergotong royong mengumpulkan  dana sukarela untuk bisa rehab bangun jalan,' ujar Dede Erwin saat bersama warga dilaksanakan pengerjaan jalan di lapangan. 

Demikian juga pendapat Kadus Dusun Sijopak Desa sampiran, Sarip dan M. Syafik, salah satu sekertaris Anggota BPD yang sama merasa prihatin dengan kondisi jalan yang rusak. 

Syafik mengaku hampir setiap hari kena teguran warga yang mempertanyakan perbaikan jalan. "Kami selaku perangkat desa merasa kena beban moral, akhirnya kami berinisiatif mencari solusi untuk bermusyawarah dengan warga, Alhamdulillah warga sepakat untuk  bergotong royong," ucapnya.

Sedang menurut M.Syafik, anggota Sekertaris BPD memberikan apresiasi kepada warga masyarakat Dusun Sijopak atas kekompakan dan kebersamaannya dalam gotong royong tanpa adanya andil dari pemerintahan desa atau dinas terkait.

"Mudah-mudahan dusun kita menjadi suritauladan dan bisa menjadi percontohan untuk dusun-dusun lainnya di Desa Sampiran, dan terimkash kepada para warga yang sudah berswadaya dan bergotong royong dalam memperbaiki jalan ini, termasuk juga untuk donatur dari Perumahan Asik Residance (RT04),"  tandasnya. (Bambang HS)

    

Terkini