Antusias.. !! Siswa SMPN 17 Sambut Mobil Perpustakaan Keliling Masuk Sekolah


FOKUS CIREBON - Di jam istirahat kedua, satu unit mobil Perpustakaan Keliling Dinas Perpustakaan dan Kersipan Daerah Kota Cirebon menggelar Perpustakaan Keliling. Kunjungan mobil Perpustakaan ini tentu saja disambut antusias para siswa SMPN 17 Kota Cirebon.

Tujuan dari kunjungan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan minat baca kepada para siswa yang semakin hari semakin berkurang.

Buku adalah jendela dunia, pepatah yang memberikan tempat tertinggi untuk tulisan-tulisan yang ada dalam buku. Wawasan yang didapat dari membaca bukulah yang menjadi awal dari perkenalan dengan dunia yang lebih luas.

Melalui halaman demi halaman dalam buku, kita mendapat informasi yang dapat membuka mata kita akan keajaiban dunia, hanya melalui jendela di dalam halaman buku.

Beragam jenis buku ditawarkan kepada para siswa/pembaca. Mereka tinggal memilih topik dan jenis apa yang ingin dibacanya, ada komedi, petualangan, cerita sejarah, roman, bahkan cerita fiksi ilmiah pun turut mewarnai ragam buku yang dibawa oleh mobil perpustakaan keliling.

Perpustakaan yang ada disekolah kurang diminati siswa mungkin karena buku yang disediakan tidak beragam dan jarang ada regenerasi dengan menambah buku-buku baru.


Situasi diperpustakaan juga mungkin kurang nyaman untuk membaca dan siswa tidak fleksibel untuk berkatifitas yang dapat mendukung kegiatan membacanya.

Sangatlah wajar jika perpustakaan menerapkan aturan yang ketat sebagai bentuk perlindungan terhadap aset masa depan, yaitu buku.

Namun, tidak pula dapat dipungkiri aturan tersebut membuat siswa enggan untuk membaca buku-buku yang ada didalamnya.

Oleh karenanya, dengan menghadirkan perpustakaan keliling bisa menjadi alternatif solusi dalam meningkatkan minat baca siswa. (Agung)

Terkini