Ketua Bhayangkari Cabang Kepulauan Seribu Berikan Bantuan 500 Buku Untuk Generasi Gemar Membaca


JAKARTA-- Ungkapan buku jendela dunia nampaknya perlahan sirna seiring perkembangan teknologi informasi, membaca adalah senjata yang kini diandalkan dalam mencari pengetahuan. Pemerintah masih tetap bercita-cita memiliki generasi penerus bangsa yang cinta buku dan gemar membaca.

Seiring dengan semangat gemar membaca, Ketua Bhayangkari Cabang Kepulauan Seribu Ny Ira Sandy mengatakan, taman bacaan diadakan dengan dilatarbelakangi kesadaran pentingnya meningkatkan budaya baca, terutama bagi anak-anak dan remaja. 

Menurutnya, anak-anak dan remaja adalah masa emas (golden age) yang semestinya banyak diisi dengan kegiatan belajar termasuk membaca

Hal itu diungkapkan saat Pengurus Cabang Bhayangkari Kepulauan Seribu mengadakan acara Penyerahan 500 Buku bacaan di Taman Baca Bhayangkari Pulau Untung Jawa Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Pelantikan Duta Taman Baca dan Pelantikan Polisi Cilik Lingkungan, Rabu. (13/11).

Acara ini dihadiri oleh Penjabat Utama Polres Kepulauan Seribu, Ibu Felda dari Chair Project, Ibu Ina President Rotary Club Cinere, Ibu Mahariah Sardy dari Rumah Hijau Kepulauan Seribu, Putera Puteri Duta Bahari, Siswa Siswi SDN 01 Pagi Pulau Untung Jawa dan Pengurus Bhayangkari Cabang Kepulauan Seribu.

“Di usia anak anak, membaca sudah harus ditanamkan sebagai sebuah kebutuhan," ucapnya.

Dijwlaskan, membaca adalah adalah bagian dari gerakan literasi. Gerakan literasi, adalah gerakan penting karena saat ini adalah era digital atau media sosial. Gerakan literasi salah satunya dapat membantu masyarakat melawan derasnya sebaran Hoaks.

"Dengan literasi, remaja kita sebagai pengguna medsos dapat mengidentifikasi mana berita yang benar dan mana yang rekayasa (hoax)," ujar Ira Sandy.

Untuk itu dirinya berharap, taman bacaan ini dapat bermanfaat dalam meningkatkan minat baca masyarakat khususnya anak-anak remaja untuk terus membudayakan membaca. (dade)

Terkini