Woww.. !! Mahasiswa PGMI IAIN Cirebon Luncurkan Formula Mengajar Efektif


FOKUS CIREBON - Rupanya persoalan guru dalam mengajar di ruang kelas masih menjadi problem di dunia pendidikan. Siswa sepenuhnya masih tergantung pada pola dan teknik mengajar guru. Sehingga tidak sedikit siswa digantungkan kepada bagaimana cara mengajar guru.

Hal inilah yang membuat Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (HIMAGUMI) Jurusan PGMI IAIN SNJ Cirebon membuat gebrakan dengan menghadirkan narasumber ternama pada kegiatan Workshop Hypnoteacing, Jum'at (22/11/2019), di Gedung FSEI, SBSN Lantai 4, Jl Perjuangan Kota Cirebon. 

Workshop dengan tema "Peran Mahasiswa PGMI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Kegiatan Hypnoteaching" ini langsung dibedah oleh Praktisi Hypnoteaching Indonesia, Subhan Djubaedi MP.

Dalam pemaparannya, Subhan Djubaedi MP menjelaskan, bahwa untuk mengajar di kelas, seorang guru tidak hanya harus bisa ceramah di depan kelas, tetapi juga harus memahami karakter dan keunikan siswanya. 


Selain itu, seorang guru juga dituntut untuk bisa membuat para siswanya merasa senang dengan apa yang diajarkan oleh gurunya.

"Ya, diperlukan metode atau cara pembelajaran yang menarik sehingga siswa bisa menerima pelajaran dengan baik. Guru dituntut untuk melakukan berbagai inovasi dan kreativitas dalam pembelajarannya. Salah satu yang patut dicoba oleh seorang guru adalah dengan cara hypnoteaching," katanya,yang disambut riuh tepuk tangan peserta workshop.

Dijelaskan, hypnoteaching adalah salah satu cara pembelajaran atau cara mengajar dengan menggunakan unsur hypnosis, yakni saat seseorang bisa menerima sugesti dengan mudah. Tujuan utama pembelajaran hypnoteaching adalah untuk membangunkan motivasi dalam diri setiap siswa.

"Tujuan utama hypnoteaching adalah untuk membangunkan motivasi dalam diri setiap siswa," paparnya.


Subhan Djubaedi MP, juga menegaskan bahwa penyebab tidak masuknya pengetahuan dari guru adalah karena pikiran siswa sedang terpecah atau tidak fokus. 

"Disinilah penggunaan cara mengajar dengan teknik hypnoteaching. Yaitu, dengan merilekskan pikiran siswa agar pengetahuan yang didapat bisa dipahami dengan baik," ujarnya. (din)

Terkini