AMB Menjadi Tempat Kegiatan SPMI Wilayah II, Sumatra Selatan Dan Bangka Belitung


FOKUS BELITUNG - Sebanyak 50 peserta dari Perguruan Tinggi di wilayah II, yakni Sumatera Selatan dan Bangka Belitung mengikuti kegiatan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan di kampus Akademi Managemen Belitung (AMB).

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Direktur AMB Hartian Ramadhan, ST,MM ini dalam rangka fokus pembahasan dan penerapan sistem penjaminan mutu internal di lingkungan perguruan tinggi wilayah II, khususnya di Akademi Managemen Belitung (AMB).

Menurut Direktur AMB Hartian Ramadhan, ST,MM, kegiatan ini berhubungan dengan amanat Undang-undang No.12 Tahun 2012 tentang pendidikan tinggi yang mewajibkan proses penjaminan mutu pendidikan tinggi.

Dimana, kata Hartian Ramadhan, ini merupakan program yang penting dan wajib dilaksanakan oleh semua institusi penyelenggara pendidikan tinggi. Karena hal ini juga dipertegas dengan Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi No. 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan No.62 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Perguruan Tinggi.


"Pentingnya kegiatan ini agar dapat dikenalkan kepada setiap unit yang ada di lingkungan perguruan tinggi dalam hal ini juga di AMB, agar proses aktualisasi manajemen pendidikan tinggi dapat mengarah kepada sistem yang sesuai dengan peraturan dan mampu meningkatkan tata kelola penyelenggaraan pendidikan tinggi," paparnya.

Hartian Ramadhan juga menjelaskan, jika tindak lanjut dari kegiatan ini, untuk menciptakan suata kesadaran, untuk terus berbenah diri, baik dari sisi internal Lembaga Penjamin Mutu AMB serta mengajak semua elemen di setiap unit AMB, terutama program studi sebagai ujung tombak terlaksananya proses pembelajaran dan pengajaran untuk mempelajari serta memahami Sistem Penjaminan Mutu Internal. (din)

Terkini