Banjir Bandang Putuskan Jembatan Penghuhung Di Sumatra Selatan


FOKUS LAHAT - Musibah alam, seperti angin puting beliung, gempa maupun banjir bandang, tak seorang pun mampu untuk mencegahnya. Kekuatan musibah alam.ini kadang juga dapat menghancurkan segala apa yang ada di permukaan bumi.

Seperti banjir bandang yang terjadi di daerah Desa Lesung Batu, Kecamatan Mulak Ulu, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Senin 30 Desember 2019 sekitar Pukul 04.30. 

Banjir mengakibatkan jembatan Mulak Ulu putus. Jembatan itu menghubungkan jalan lintas Kabupaten Lahat dengan Jalan lintas Muara Enim.

Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Ansori mengatakan putusnya jembatan diduga disebabkan air sungai meluap akibat hujan deras yang mengguyur dari malam hingga pagi. 

Tak hanya itu sejumlah rumah warga desa Keban Agung, Kecamatan Mulak Sebingkai juga dikabarkan ikut hanyut terbawa arus yang sangat deras.

Menurut dia jembatan yang putus itu membuat sejumlah desa terisolir. "Sejumlah desa terisolir dan tidak bisa ke Lahat, seperti desa Lesung Batu, Desa Airpuar, Pajar Bulan, Mengkenang dan Lawang Agung," kata Ansori, Senin 30 Desember 2019.

Dia mengatakan banjir bandang juga terjadi di kawasan Desa Keban Agung Kecamatan Mulak Sebingkai, Kabupaten Lahat. Banjir mengakibatkan tujuh rumah hancur di desa itu. 

"Tidak ada korban jiwa, 7 unit rumah rusak atau hanyut dan 73 rumah rusak ringan. Saat ini Tim BPBD telah mendirikan posko bantuan di lokasi," ujarnya. (rid)

Terkini