IAIN Cirebon dan Pemilik Tanah Bertemu Dalam Kegiatan Pelepasan Hak Dan Pembayaran Tanah


FOKUS CIREBON - Upaya IAIN Cirebon untuk mendirikan Kampus 2 di Indramayu, yang melalui proses panjang dan transparan akhirnya selesai juga di tahun 2019, untuk 4,9 hektar satu hamparan. Hal itu ditandai dengan penandatanganan SPH dan persertifikatan tanah, Jum'at, (06/12/2019) di Lantai 3, Gedung Rektorat IAIN SNJ Cirebon, Jl Perjuangan Kota Cirebon.

Penandatangan tersebut bersamaan dengan kegiatan pelepasan hak dan pembayaran tanah dengan para pihak pemilik tanah yang berlokasi di Blok Ciputat, Desa Cikawung, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu.

Menurut Asda I, Drs H Jaenal Sudrajat Pemda Kabupaten Indramayu, menyatakan dengan adanya kampus 2 Perguruan Tinggi Negeri IAIN Cirebon ini secara otomatis akan mendongkrak prekonomian daerah. Khususnya di desa dan Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu.

"Mengenai proses tanah tersebut, banyak tahapan yang sudah dilalui dan semua disandarkan kepada aturan-aturan yang ada. Dan berdirinya kampus 2 IAIN Cirebon di Indramayu secara otomatis akan membangkitkan prekonomian di Indramayu baik di Desa Cikawung maupun di Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu, juga desa-desa tetangga lainnya," jelasnya.

Sementara untuk pembayaran tanah tersebut, kata Asda I, tidak melayani pembayaran kontan, harus melalui rekening, yakni melalui Bank BRI. "Pembayaran tanah tersebut, sebesar Rp 200.000/meter, dan langsung lewat rekening masing-masing pemilik tanah," katanya.


Sementara itu, Rektor IAIN SNJ Cirebin, Dr H Sumanta Hasyim MAg menyampaikan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada warga yang sudah melepaskan tanahnya untuk kepentingan pendidikan. 

"Kelegowoan bapak ibu untuk melepaskan tanah tersebut untuk pendidikan diucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya, karena pendidikan ini untuk investasi anak cucu kita kedepan nanti," jelasnya.

Sumanta menjelaskan, bahwa semua ini berproses sesuai mekanisme yang ada dan dilakukan secara transparan. "Kita tahu ini adalah untuk tujuan kita bersama dan tidak ada kepentingan pragmatis. Dan proses tanah ini memang agak panjang, karena kita ingin prosedurnya benar dan tidak ada celah sedikitpun," tandasnya.

Rektor IAIN SNJ Cirebon juga mengucapkan terimaksih kepada Pemda Kabupaten Indramayu atas eksekusi tanah di Indramayu hingga prosesnya yang transparan dan sampai dengan selesai. 

Dalam kegiatan tersebut langaung dihadirii Rektor IAIN SNJ Cirebon, Asda I Pemda Kabupaten Indramayu, Kepala BPN Indramayu, Tim Pengadaan Tanah, Kepala BRI, Kepala Biro IAIN SNJ Cirebon, 9 warga pemilik tanah Blok Ciputat, Desa Cikawung, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu. (din)




Terkini