Ini Yang Bikin Selly Andriany Gantina, Anggota DPR RI Komisi VIII Bersemangat Dorong IAIN Cirebon Ke UIN


FOKUS CIREBON - Pertemuan antara IAIN Sykeh Nurjati Cirebon dengan Anggota DPR RI, Selly Andriany Gantina, Jum'at (27/12/2019), di Lantqi II, Ruang Senat, Rektorat IAIN SNJ Cirebon, membuat daya tarik tersendiri bagi mantan Wakil Bupati Cirebon ini.

Selly tertarik saat Tim Renstra, Toheri, membedah secara singkat soal rencana-rncana strategis IAIN SNJ  Cirebon dalam membangun kemajuan di segala aspek dan persiapan menuju UIN.

Selly juga tertarik dengan soal Milestone 25 tahun. Menurut Selly pada Milestone IAIN Cirebon ini banyak kajian yang sesuai dengan kajian yang tengah dilakukannya, seperti soal kemiskinan dan beasiswa bagi pendidikan.

Secara singkat Toheri, Tim Renstra pengembangan IAIN SNJ Cirebon menjelaskan seputar IAIN Menuju Teaching And Research University yakni melalui 7 agenda pembangunan 2020-2024.

7 agenda tersebut, kata Toheri yakni pertama memperkuat ketahanan Ekonomi untuk pertumbuhan yang berkualitas, kemudian kedua mengembangkan wilayah untuk mengurangi kesenjangan, ketiga meningkatkan SDM berkualitas dan berdaya saing, ke empat membangun kebudayaan dan karakter bangsa, kelima memperkuat infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar, ke enam membangun lingkungan hidup, meningkatkan ketahanan bencana dan peubahan iklim dan ke tujuh memperkuat stabilitas Polhulhankam dan transformasi playanan publik.


Sementara yang menyangkut bidang dan isu strategis RPJMN bidang pendidikan 2020-2024 adalah transformasi kelembagaan PT : Teaching University, Research University dan Entrepeneurial University. Kemudian pemerataan layanan pendidikan tinggi yang berkualitas, kemitraan pemerintah-swasta-daerah (pemda), Perguruan Tinggi, pengembangan wilayah, dan pembangunan ekonomu regional serta Manajemen PT (otonomi PTN-BH, BLU, Satler).

Dari penjelasan tersebut, Selly langsung merespon positif dan serta mengajak pada lulusan IAIN kedepan untuk bisa mengakses industri-industri dan teknologi dengan baik. Dirinya siap membawa keinginan IAIN Cirebon berubah menjadi UIN ke DPR RI agar tidak ada persoalan dan kendala, serta juga ke Kemendikti Jakarta. (din)

Terkini