Woww.. !! IPM Kecamatan Mundu, Melejit ke Peringat 20


MUNDU, FC - Keseriusan serta kerja keras Pemerintahan Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon, dalam mewujudkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), membuahkan hasil.

Hal tersebut diutarakan Camat August Fentristianto,  Keberhasilan untuk mendongkrak IPM, di Kecamatan Mundu, dalam lima tahun terahir ini berhasil naik dari peringkat 34,  sekarang berada di peringkat 20 di kabupaten Cirebon.

August Pentristianto mengutarakan keberhasilan tersebut dilakukan  dengan berbagai upaya, untuk meningkatkan IPM di Kecamatan Mundu. Pihaknya bersama pemdes, tokoh masyarakat dan instansi terkait lainnya, selalu melakukan perbaikan di sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi dan sosial, ujarnya.

"Alhamdulillah, berkat kerjasama dan dukungan semua pihak, peningkatan IPM Kecamatan  Mundu, pada  tahun 2019 ini, berhasil mengalami peningkatan yang luar biasa menjadi urutan ke 20 dalam kurun 4 tahun,” ungkapnya

Lebih dari itu kata August, adanya peningkatan IPM tersebut, bisa dilihat dari semua indikator yang mengalami perbaikan dari mulai Angka Harapan Hidup (AHH), kualitas pendidikan, baik dari angka Rata-Rata Lama Sekolah (RLS) dan angka Harapan Lama Sekolah (HLS). Bahkan, kesejahteraan masyarakat meningkat, terbukti dengan nilai jual beli masyarakatpun mengalami peningkatan, ungkapnya

Lanjut Agust, pihaknya terus  berupaya menjangkau setiap pelosok wilayah Mundu dengan memprioritaskan PKBM-PKBM, supaya masyarakat semakin mudah mendapatkan akses pendidikan.

Tercatat di tahun 2019 angka harapan hidup sampai 70,95 tahun, kemudian angka rata-rata lama sekolah di angka 6,80 menunjukkan penduduk usia 15 tahun ke atas secara rata-rata telah menempuh pendidikan 6,80 tahun atau hingga kelas VII. 

Harapan lama sekolah naik menjadi 12,65. Lanjut menurut August, untuk anak-anak yang berusia tujuh tahun pada tahun 2019 memiliki harapan dapat menikmati pendidikan selama 12,65 tahun atau sampai jenjang diploma I. Sementara untuk daya beli masyarakat di tahun 2019 mencapai Rp 2.653.594, tandasnya

“Pihaknya akan terus memaksimalkan agar kedepan IPM,  terus mengalami kenaikan, dengan bersinergi dengan semua pihak, seperti tahun 2015 dan 2019 yang mengalami kenaikan secara global 3,95,”

Agust pun mengharapkan agar semua unsur Muspika dan pemdes serta tokoh masyarakat dan instansi terkait lainnya, turut mendukung, sehingga IPM Kecamatan Mundu, terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, 

Dirinya merasa optimis jika melihat dari pertumbuhan ekonomi bahwa kecamatan Mundu adalah pintu penyangga perbatasan Kabupaten dan Kota Cirebon yang didukung dengan peranan perusahaan swasta, investor perdagangan jasa dan bisnis direalisasikan dengan terus melakukan perbaikan dan pembenahan, baik kesehatan, pendidikan dan perekonomian warga ke arah yang lebih baik, sehingga IPM Kecamatan Mundu secara otomatis dapat lebih baik lagi, dari Raihan saat ini, pungkasnya, (Baim)

Terkini