Wujudkan Rasa Kepedulian, Desa Curug Wetan Rutin Gelar Donor Darah


SUSUKANLEBAK - Pemerintah Desa Curug Wetan, Kecamatan Susukanlebak, Kabupaten Cirebon menggelar kegiatan donor darah. Kegiatan ini atas kerjasama dengan pihak UPTD PMI Kabupaten Cirebon dengan tujuan membantu pasien yang membutuhkan darah di PMI.

Menurut Kuwu Curug Wetan, Jaenudin, kegiatan donor hasil kerjasama dengan PMI ini rutin dilaksanakan di Desa Curug Wetan. Tujuannya adalah karena rasa kemanusiaan. 

"Desa Curug Wetan bekerjasama dengan PMI dan masyarakat sekitar, rutin mengadakan kegiatan donor darah. Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian dan rasa kemanusiaan, juga sekaligus untuk mengantisipasi banyaknya permintaan darah di wilayah Kabupten Cirebon dan sekitarnya," terang Kuwu Jaenudin di tempat acara, Selasa(17/12).

Dijelaskan, dengan mendonor darah secara rutin dan teratur dapat meningkatkan kualitas darah dalam tubuh, karena setiap mendonorkan darah berarti darah akan digantikan dengan darah yang baru.

Jaenudin juga mengimbau agar masyarakat mulai menerapkan pola hidup sehat, salah satunya dengan rutin mendonorkan darah.

"Kami akan melaksanakan kembali kegiatan donor darah, pada 18 Maret 2020, bertepatan dengan HUT Desa Curug wetan," ungkapnya.

Sementara menurut salah satu petugas PMI, Teguh Aryanto, kegiatan donor darah yang diadakan oleh Pemdes Curug Wetan, beserta masyarakat sekitar, terkumpul 26 labu darah.

"Alhamdulillah, persediaan darah bertambah, meskipun saat ini persediaan stok darah yang ada di UPTD PMI Kabupaten Cirebon cukup aman," ujarnya

Untuk itu, Teguh mengucapkan terimakasih kepada Pemdes Curug Wetan yang sudah rutin menggelar kegiatan donor darah.

"Begitu juga kepada semua masyarakat yang sudah bersedia mendonorkan darahnya," ungkap Teguh. (baim)

Terkini