Hadapi Era Revolusi Industri 4.0, MAN 1 Cirebon Bangun Pendidikan Berkarakter, Cerdas dan Berprestasi

Kepala MAN 1 Cirebon
PLERED, FC - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Plered Cirebon, sebagai bagian tak terpisahkan dari sistem pendidikan yang ada di negeri ini, sangat menyadari betapa pentingnya peranan pendidikan terhadap pembentukan karakter siswa dan sumber daya manusia (SDM) yang cerdas dan berprestasi. Maka MAN 1 senantiasa berusaha mewujudkannya dalam keseharian dengan selalu berupaya memberikan layanan yang terbaik.
MAN 1 Cirebon juga turut mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang berpartisipasi dalam membangun dan memajukan serta mengembangkan MAN 1 Cirebon menjadi lembaga pendidikan yang berkualitas dengan terus berusaha dipenuhinya setiap standar layanan pendidikan.
Tak mustahil, dalam perkembangannya saat ini, Madrasah Aliyah Negeri 1  Cirebon, menjadi salah satu sekolah referensi bagi sekolah lainnya. Selain semua sarana sekolah berfungsi baik, manajemen dan sistem kerja di MAN 1 sangat baik. Tentu ini merupakan perwujudan dari semangat membangun pendidikan yang berkualitas dan profesional.
“Terima kasih, ini berkat dukungan dan kerja sama semua pihak, termasuk orang tua siswa dan murid-murid di sini, kami hanya membangun pendidikan agar bisa sesuai harapan pemerintah dan masyarakat,” terang seorang pegawai di MAN 1 Cirebon.
Melihat kemajuan di MAN 1, memang semua unsur baik guru, tata usaha, kepala sekolah dan lainnya terus membangun sistem kerja yang terbuka dan profesional. Tujuannya adalah untuk terus meningkatkan cepat pelayanan, maju pendidikan dengan selalu mengedepakan etos kerja serta profesionalisme guru.
“Iya mas, pelayanan sangat kami utamakan dan kedepankan. Kami ingin kinerja kami menjadi manfaat bagi orang banyak, maka MAN 1 prinsip kerjanya demikian, semua dalam rangka menuju profesionalisme kerja dan pendidikan yang bermutu dan berkualitas,” terang pegawai di MAN 1 lainnya.
Sementara itu, Waryono M.MPd , aktivis pendidikan Cirebon menyatakan, MAN 1 dengan kepemimpinan Kepala Sekolah H Isro Mutamarullah dipastikan akan menjadi sekolah bermutu. Sebab sosok H Isro sangat mungkin membawa MAN 1 menjadi sekolah pilihan masyarakat, mengingat sepak terjang H Isro di dunia pendidikan tak bisa diragukan.
“Kami sangat yakin, sebab  melalui sistem kerja yang cepat, terbuka dan profesionalisme akan membawa pendidikan pada kondisi yang baik. Apalagi di MAN 1 semua  bekerja berdasarkan manajemen yang baik, di mana harus tepat waktu, tepat sasaran, tepat pelayanan dan profesional,” ujar Waryono.
Sedangkan menurut H Isro Mutamarullah MAg, kepala sekolah MAN 1 Cirebon, di sela sela kesibukannya menyatakan, pendidikan adalah hak setiap warga negara sebagaimana diamanatkan oleh undang-undang. 
Melalui pendidikan, akan terbangun warga negara yang berkualitas karena menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan yang didasari dengan nilai-nilai kepribadian serta ketuhanan. Untuk itu, kami berkewajiban dan berkepentingan untuk menyediakan layanan pendidikan bagi setiap warga tanpa terkecuali untuk mewujudkan bangsa negara yang maju.
“Lembaga pendidikan sebagai kepanjangan tangan pemerintah dalam memberikan layanan pendidikan bagi masyarakat sudah sepatutnya kami menyadari tugas dan tanggung jawab ini. Dengan ini, MAN 1 Cirebon siap membangun pendidikan yang berkarakter, berkualitas dan berprestasi di bidangnya, sebagaimana harapan bersama,” ucap H Isro. (din)

Terkini