Kepsek SDN Pegajahan 1 Kota Cirebon, Hj Asih M.MPd Gagas Pendidikan Berbasis Keilmuan dan Skill Siswa


FOKUS CIREBON - Asih M.MPd, Kepala Sekolah SDN Pegajahan 1 Kota Cirebon, punya kebiasaan berbeda degan kebanyakan sekolah lain. Dirinya selalu mencontohkan kepada para guru dan siiswanya untuk selalu mengedepankan kedisiplinan.

Tak hanya itu, Asih juga kerap mencontohkan kepada siswanya dengan memunguti sendiri sampah di lingkungan sekolah agar siswa selalu menjaga kebersihan.

Sikap yang ditunjukkan Asih ini sebagai bentuk tanggungjawab dirinya sebagai pemimpin dan memang sosok Asih selalu berfikir untuk mengagas SDN Pegajahan 1 menjadi sekolah berbasis keilmuan dan skill siswa. 

Ia dan para guru kerap rapat dan melakukan evaluasi atas capaian pengajaran, pembelajaran (proses KBM) dan pendidikan (prestasi siswa), guna menuju visi misi sekolah di SDN Pegajahan 1.

"Hj Asih terus berjuang, melalui kerja dan capaia  visi misi sekolah, berbagai terobosan pun di konsep, agar SDN Pegajahan terus berkarya dan berprestasi, khususnya menjaga nama baik almamater yang sudah menjebolkan ribuan lulusan yang kini sukses diberbagai instansi kepemerintahan, TNI/Polri, pengusaha serta kesuksesan dibidang lainnya," terang pegiat pendidikan dilingkungan pendidikan kota cirebon.

Hal senada juga diungkapkan pegiat pendidikan lainnya, Rahmat MSi, sosok Asih tak pantang menyerah. Melalui bekal pengalamannya membangun, memimpin dan memenej sekolah, membuat kiprah dan karyanya di SDN Pegajahan  semakin terasa.


Perubahan tersebut merupakan ciri kerja Asih yang selalu ingin berkarya. Sehingga tak bisa dipungkiri kemajuan di SDN 1 kini begitu pesat dan berbagai prestasi pun kian banyak diraih SDN Pegjahan 1 Kota Cirebon.

"Tantangan baginya adalah perjuangan, dan bekerja adalah pengabdian, maka prinsip kerjanya selalu ingin berkaya agar apa yang menjadi tujuan dan visi misi sekolah tercapai," tandasnya.

Selain itu, dalam praktek pendidikan, dirinya selalu mendorong sekolah ataupun siswa untuk belajar dan berprestasi. 

Dimana  lifeskill siswa harus didorong melelaui berbagai karya. Seperti Pramuka dan kegiatan ekstra kulikuler lainnya. "Inilah pengabdian dimana harus benar-benar menjadi manfaat bagi orang lain," tuturnya. (din)

Terkini