Ma’ruf Nuryasa AP : DKIS Kota Cirebon Tahun 2020 Luncurkan Strategi Bangun Smart City Lebih Baik


FOKUS CIREBON - Dinas Komunikasi Informasi Statistik (DKIS) Kota Cirebon, tengah menyiapkan beberapa strategi yang akan dilakukan di Tahun 2020, sehingga Smart City Kota Cirebon bisa semakin baik.
Hal itu dinyatakan langsung oleh Kepala DKIS Kota Cirebon, Ma’ruf Nuryasa AP di ruang kerjanya, Rabu (29/1), terkait eksistensi Smart City di tahun 2020.
“Tahun 2020 Smart City memiliki strategi berbeda dengan 3 tahun lalu dari Tahun 2017 sampai 2019 kita fokus ke pembangunan program-program,” kata Ma’ruf.
Ma’ruf mengungkapkan, saat ini diibaratkan orang membangun rumah dimana struktur Smart City sudah cukup di bangun selama 3 tahun, dan sekarang masuk ketahap penyempurnaan dan evaluasi.
“Tidak lagi membangun struktur Smart City, tapi kita evaluasi dan menyempurkan program Smart City nya,” ungkapnya.
Ma’ruf menjelaskan, ada tiga hal yang menjadi fokus Smart City tahun 2020, yakni regulasi, layanan dan sosialisasi untuk menyempurnakan semua aspeknya.
“Alhamdulillah, regulasi telah dibantu DPRD dimana Perda Smart City diselesaikan Tahun 2020. Pada 2019 naskah akademik sudah selesai dan bisa disahkan menjadi Perda tahun ini,” jelasnya.
Dalam evaluasi layanan, lanjut Ma’ruf, tahun ini menggandeng BPSDMP Kominfo jadi lokus pelaksanaan evaluasi Smart City di Jawa Barat.
“Evaluasi internalnya kurang sosialisasi. Kedepan akan memperbanyak dengan bukan kita mengundang orang, tapi kita mendatangi orang. Seperti kampus, termasuk ruang lingkup masyarakat di RW, Bentuknya kuis dan nyiapkan hadiah,” paparnya.
Masih kata Ma’ruf, syaratnya ada pertemuan dihadiri minimal 30 orang mau di RW, kelurahan, komunitas dan dimanapun bisa langsung mengundang Tim DKIS.
“Sudah disiapkan dengan tim sendiri polanya dengan kuis biar gak jenuh. Dan, sudah mulai Januari ini. Sudah ada 4 tempat sekolah komunitas warga dan profesi,” tandasnya. (Muiz)

Terkini