Masyarakat Anggota Koperumnas Dijamin Dapat Memiliki Rumah Tanpa DP


FOKUS JAKARTA - Koperasi Perumahan Umum Nasional Syariah (Koperumnas) siap bekerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta membangun rumah susun milik (Rusunami) bagi warga Ibu Kota berpenghasilan kecil anggota Koperumnas.

Masyarakat Jakarta anggota Koperumnas dijamin dapat memiliki rumah hanya dengan mengangsur Rp2,5 juta per bulan tanpa DP dan jaminan.

Anggota cukup membayar angsuran selama dua tahun. Kemudian tahun ketiga rusunaminya dibangun, hanya kurang dari tiga tahun, warga bisa memiliki rumah sendiri.

"Kami sampaikan kepada Ibu Camat Jatinegara. Kami siap bekerjasama dengan Pemprov DKI. Pemda cukup menyediakan lahan dua hektare saja, kami bangun tiga tower ketinggiannya 20 lantai," kata Ketua Koperumnas Aris Suwirya, Rabu (22/1), saat acara peresmian kantor baru Koperumnas Syariah, di Jalan Jatinegara Timur II No 4B, Jatinegara, Jakarta Timur.

Lebih lanjut, Aris mengungkapakan ingin menghadap Gubernur Anies Baswedan untuk menyampaikan konsep Koperumnas Syariah yang menghindarkan riba dan jaminan untuk warga Jakarta agar memiliki rumah.

"Karena kita menghindari riba, maka Allah SWT meridhoi, Koperumnas bisa membangu rusunami di Jabotetabek.Yang penting tanahnya dari Pemda," ujarnya.

Ia ingin membantu program RPJMD Gubernur Anies mewujudkan janji kampanyenya pada 2017 lalu. Di mana mewujudkan rumah DP 0 rupiah bagi masyarakat betpenghasilan kecil.
Koperumnas Syariah satu-satunya Koperasi di Indonesia yang membangun rumah bagi anggotanya dengan hanya mencicil setiap bulan.

Koperumnas telah membangun rumah bagi anggotanya di Bogor (tiga lokasi), Karawang, Tangerang Selatan, Tangerang dan lain-lain.

"Kami akan buka cabang Koperumnas di semua kota besar dengan sistem kantor cabang. Insya Allah tahun 2021 seluruh provinsi di Indonesia sudah punya kantor cabang. Di luar Jabodetabek, harga rumah Koperumnas Rp.190 juta," ujarnya.

Jadi masyarakat hanya mengangsur Rp. 1 juta per bulan selama 190 bulan bisa punya rumah ya g bisa diwariskan. (dade)

Terkini