Mendongkrak Prestasi Sekolah Bebas Sampah Melalui Pendidikan Karakter Di SDN Pegajahan 1 Kota Cirebon


Drs Hj Sri Asih, Kepsek SDN Pegajahan 1 Kota Cirebon
FOKUS CIREBON - Mewujudkan SDN Pegajahan 1, Kota Cirebon, menjadi sekolah bersih dan berprestasi, tidak lah semudah dengan bayangan dan keinginan pikiran. Semua harus di dahului dengan kerja keras, kerja nyata dan kerja ikhlas.  

Inilah perjuangan yang dilakukan Kepala SDN Pegajahan 1, Dra Hj Sri Asih MPdI dalam mendongkrak prestasi sekolah bebas sampah melalui pendidikan karakter di SDN Pegajahan 1, Kota Cirebon.

Kerja keras Sri Asih juga sebagai implementasi visi sekolah menuju  terwujudnya pedidikan yang aktif, kreatif, religius, antusias dan bersih (AKRAB).


Sri Asih, wanita cantik berkaca mata ini, tak sungkan-sungkan untuk memunguti sampah bekas makanan anak didiknya, sebagai contoh dirinya kepada semua komponen pendidikan di SDN Pegajahan 1. 

"Bersih itu sehat mas dan ini harus disadari oleh semuanya di lingkungan pendidikan SDN Pegajahan 1," terang Sri Asih kepada fokuscirebon.com, Kamis, (13/2/2020).

Asih menjelaskan, bahwa kerja keras ini dilatarbelakangi oleh adanya UU Sisdiknas No.20 Tahun 2003 bahwa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, ahlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.


Juga sesuai dengan keinginan Walikota Cirebon yang menjadi misi pemerintah daerah yakni sekolah indah di taman sehat menuju Cirebon kota wisata, serta terwujudnya visi sekolah.

Dari tiga dasar hukum tersebut, kata Sri Asih, SDN Pegajahan 1 menerapkan salah satu pendidikan karakter tentang sekolah bebas sampah.

"Sehingga kami membuat langkah-langkah tentang bagaimana cara mengurangi sampah plastik dan sterofom di SDN Pegajahan 1. Bagaimana agar sampah tidak bersetakan di SDN Pegajahan 1 dan bagaimana cara menerapkan membuang sampah sesuai dengan jenisnya di SDN Pegajahan 1," paparnya. 

Inilah tujuan dan manfaat yang menjadi kerja nyata kita, yakni 
mewujudkan sekolah bersih, indah dan nyaman (sekolah indah di taman sehat).


"Alhamdulillah manfaatnya untuk siswa sudah bisa dirasakan, karena ini memang bertujua meningkatkan prestasi belajar siswa, meningkatkan kenyamanan belajar, meningkatkan rasa solidaritas bersama teman dan guru, serta meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan," tandas Sri Asih yang menunjukkan sebuah lagu ciptaannya tentang "kolam sekolah" dan yel-yel "sampah lenyap, hidup bersih, kerja semangat, yes.. yes.. yes". (din)


Terkini