Setelah Dinyatakan Zona Merah, Ini Yang Diminta PD-DMI Kota Cirebon Kepada Masyarakat

Didi Sunardi SE, Sekretaris PD DMI Kota Cirebon
CIREBON FC, Menyikapi pernyataan Walikota Cirebon terkait daerahnya menjadi zona merah, Sekretaris Pengurus Daerah (PD) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Cirebon, Didi Sunardi SE secara tegas meminta kepada Pemerintah Daerah segera lakukan pemetaan wilayah secara parsial daerah mana saja yang masuk dalam zona merah dan masih aman.

Didi menjelaskan, langkah cepat ini bisa membantu memutus penyebaran virus Covid19 di masyarakat. 

"Segera lakukan pemetaan, libatkan RT/RW, Lurah dan Camat untuk pemetaan wilayah secara parsial, agar bisa terlihat daerah mana saja yang masuk dalam zona merah dan daerah aman," ujar Didi Sunardi SE, Senin (13/4/2020).

Didi juga mengajak masyarakat untuk melaksanakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta tingkatkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Menurut Didi, GERMAS adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan perilaku masyarakat yang kurang sehat dan harapannya GERMAS mampu melindungi masyarakat dari wabah corona.

"Kepada semua pihak, mari kita saling bahu membahu, bantu membantu untuk memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya kita memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, ataupun hand sanitizer," imbaunya.

Demikian juga sebagai Takmir Masjid, kata Didi, pihaknya mengajak jama'ah di setiap selesai sholat rowatib untuk senantiasa melaksanakan dzikir, sholawat dan doa bersama memohon pertolongan dan perlindungan kepada Allah SWT agar Virus Corona COVID 19 ini cepat berlalu dan berakhir. 

"Terlebih sebentar lagi kita akan menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan 1441 H, bulan yang penuh rahmat, ampunan dan segala doa dikabulkan oleh Allah SWT, semoga doa kita semua dikabulkannya dan covid 19 segera hilang dari atas bumi ini," harap Didi.

Demikian juga dihimbau kepada pengurus DKM Masjid di tempat masing-masing agar memberikan kesejukan dan ketenangan melalui lantunan dzkir dan doa sertu edukasi pentingnya hidup bersih dan sehat.


"Semoga kita semua selalu disehatkan dan dilindungi oleh Allah SWT, aamiin," doa Didi menutup perbincangan dengan Fokus Cirebon. (din)


Terkini