Mahasiswa Baru Jalur UM PTKIN Akademik 2020/2021, Ujiannya Melalui CBT, Tidak Ada Tes Tulis

CIREBON, FC- Di tengah Pandemi Covid 19, distansing menjadi salah satu dari sejumlah protokol kesehatan yang harus dilakukan oleh pihak manapun, termasuk perguruan tinggi. 
Kabag Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Kamalul Iman Billah SAg MA Mak megatakan, pihaknya telah menyediakan sekitar 400 unit komputer untuk digunakan saat ujian tes calon mahasiswa baru melalui jalur UM PTKIN tahun akademik 2020/2021 di kampus IAN Cirebon.
“Tidak ada tes tulis, karena memang ujiannya itu Computer Based Test (CBT). Untuk itu, kami sudah menyiapkan sekitar 400 unit komputer untuk pelaksanaan tes Ujian Masuk (UM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) tersebut,” jelas Kamal, Juma't (29/5/2020).
Kendati demikian, lanjut dia, pihaknya belum dapat memastikan apakah CBT tersebut dapat dilakukan di IAIN Syekh Nurjati Cirebon atau bisa juga melalui online. Pasalnya, kata Kamal, saat ini masih dalam pandemi Covid-19 sehingga ada larangan melaksanakan kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan orang.
“Saat ini kami masih menunggu instruksi dari Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri terkait teknis ujiannya ini seperti apa, apakah melalui online yang dapat dilakukan di rumah masing-masing calon mahasiswa baru atau CBT ini dilakukan di IAIN Cirebon,” jelasnya.
Untuk itu, Kamal memaparkan, persiapan sebanyak 400 komputer tersebut adalah sebagai langkah antisipasi jika memang diputuskan ujian tes masuk ini dilaksanakan di kampus. Sehingga pihaknya telah siap melaksanakan dengan teknis ujian apapun sesuai instruksi panitia pusat.
“Ujiannya melalui online atau langsung di kampus itu memang ada berbagai pertimbangan dari panitia pusat. Jika memang dilaksanakan di kampus memang akan dilakukan dengan beberapa gelombang dengan mematuhi social distancing. Namun jika melalui online kami juga siap. Kami mengikuti instruksi dari panitia pusat saja,” paparnya. (nur)

Terkini