12 Bulan Tanpa Wakil Bupati, Ketua DPW APHI Jabar Minta Gubernur Segera Melantik Wakil Bupati Cirebon


FOKUS CIREBON - Sudah 12 bulan sejak H Imron Rosyadi dilantik sebagai Plt bupati, dan sekarang sekarang sudah menjadi bupati definitip, namun belum juga memiliki wakilnya untuk mendampingi bupati. 

Hal ini tentu sangat memprihatinkan di tengah banyak agenda pembangunan dan keputusan lainnya yang harus digulirkan.

Melihat kondisi ini, Ketua DPW Asosiasi Profesi Hukum Indonesia (APHI) Jawa Barat meminta kepada Kementerian Dalam negeri melalui Gubernur Jawa Barat agar segera memproses pelantikan Wakil Bupati sebagai pendamping Bupati H Imron Rosyadi.

"Sudah 12 bulan, Kabupaten Cirebon pasca pelantikan dan penetapan H Imron Rosyadi sebagai Plt Bupati Cirebon dan sekarang sudah resmi definitip sebagai bupati, tentunya pemerintah dalam hal ini adalah Pemprov Jabar segera memproses Wakil Bupati Cirebon untuk dilakukan pelantikan," katanya, Minggu (7/6/2020).

Dr Sugianto nmenegaskan, siapapun yang diusulkan oleh parpol pengusung, seperti juga "PDIP" untuk segera diturunkan calon Wakil Bupati Cirebon agar segera dapat mendampingi Bupati H.Imron Rosyadi.

Dijelaskan Sugianto, dengan memiliki 40 kecamatan, Kabupaten Cirebon tentu sangat membutuhkan jabatan Wakil Bupati agar pelayanan dan kebijakan lainnya dapat berjalan baik.

"Ini penting, dan calon Wakil Bupati Cirebon yang terpilih nanti, harus bisa dan mampu bersinergi untuk bekerja mendapingi Bupati H Imron Rosyadi, maka ini tidak bisa ditunda lama, dan saya anggap sebuah keharusan," pintanya. 

Dijelaskan pula, bahwa dalam UU No 9 tahun 2015 sebagai perubahan UU No 23 tahun 2014 pasal 63 ayat 1 disebutkan, Kepala Daerah dalam menjalankan tugas harus dibantu wakil kepala daerah.

"Kabupaten Cirebon yang sudah 12 bulan dipimpin H.Imron Rosyadi dalam menjalankan roda pemerintahan daerah h as rus bersama-sama wakilnya. Maka diharapkan, secepatnya harus dilantik Wakil Bupati Cirebon," tandas Dr.H.Sugianto, SH.MH, Pakar HTN dan Otda IAIN SNJ Cirebon, juga Ketua DPW APHI Jawa Barat. (din)

Terkini