IAIN Syekh Nurjati Cirebon Mulai Melaksanakan Ujian Masuk PTKIN


FOKUS CIREBON - Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon selama 4 hari, mulai Senin sampai dengan Kamis (3-6/8/2020), mulai melaksanakan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) secara online.

Ujian masuk PTKIN ini dibuka secara nasional dengan tujuan kampus yang berbeda-beda dan UM-PTKIN tersebut diikuti sebanyak 3.065 peserta.

"Ada sebanyak 3.065 peserta yang mengikuti ujian tersebut. UM-PTKIN ini dibuka secara nasional. Mereka yang melakukan ujian di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, belum tentu kampus tujuan mereka di kampus ini," terang Kabag Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Kamalul Iman Billah SAg MA.

Kamal menerangkan, mereka yang mendaftar di jalur ini, akan melalui proses seleksi yang ketat. Mereka juga bisa memilih tujuan kampus PTKIN di seluruh Indonesia, baik fakultasnya maupun jurusannya.

"Jadi mereka bisa memilih tes nya di mana, tergantung kemauannya. Nanti ada pilihan, contohnya ketika mereka rumah di Cirebon, tapi dengan tujuan kampus Bandung, maka dia bisa mengikuti tes di Cirebon. Itu untuk mempermudah. Jadi mereka bebas akan mengikuti tes dimana saja,” katanya.

Biasanya, lanjut Kamal, jika situasi normal, maka mereka akan mengikuti proses ujian di kampus yang telah mereka pilih sesuai jadwal yang telah ditentukan. Namun, karena saat ini dalam kondisi pandemi Covid-19, maka panitia pusat di UIN Sunan Gunung Jati Bandung menetapkan UM-PTKIN dilaksanakan secara online.

“Sama seperti offline, dalam pelaksanaan online ini juga para peserta diberikan jadwal, yaitu hari, tanggal, dan sesinya. Namun pelaksanaannya di rumah masing-masing dengan persyaratan yang sangat ketat," ujarnya.

Ketatnya UM-PTKIN ini, kata Kamal, mereka diawasi, bahkan jika tidak mematuhi dan tiga kali mendapat teguran, maka.akan diblok. 

Kamal juga mencontohkan, ketatnya ujian tersebut bisa dilihat dari pertama.proses memulai ujian, yakni duduk dengan menggunakan HP atau laptop dan di sekelilingnya dalam radius 3 meter tidak boleh ada orang lain.

Jika ada orang asing datang ke tempat peserta ini, kata Kamal lagi, maka yang bersangkutan akan mendapat teguran. Bahkan, jika sampai 3 kali yang bersangkutan tetap melakukan hal tersebut, maka peserta tersebut akan di blok oleh pantia.

Selain itu, Kamal juga menjelaskan, ujian ini terbagi menjadi dua jurusan, yaitu IPA dengan 243 peserta dan IPS 2.822 peserta. (din)


Terkini