Kembangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Fakultas UAD IAIN Cirebon Tandangani Kerjasama dengan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

FOKUS CIREBON - Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengadakan penanda tangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Jakarta (26/8/2020).

Pendandatangan kerjasama ini dalam rangka mengembangkan pendidikan, pembelajaran, pengabdian, dan penelitian.

Dekan Fakultas UAD IAIN SNJ Cirebon, Dr. Hajam, M.Ag mengatakan, kerjasama Fakultas UAD Cirebon dengan Fakultas Ushuluddin, Dakwah dan Komunikasi UIN Syarief Hidayatullah Jakarta, pada 26 Agustus 2020, adalah bentuk silaturahmi akademik.

Intinyaa adalah menjalin kerja sama tri darma perguruan tinggi. Yakni menyangkut pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian serta kerjasama dalam moderasi beragama.

"Ini sebagai amanat Kementerian Agama RI dan kerjasama dalam kampus merdeka dan merdeka belajar, bentuknya saling memperkuat kurikulum, tukar menukar dosen dan mahasiswa untuk perkulihan," terangnya, Kamis.(27/8/2020).

Sedang isi dari kerja sama tersebut, kata Hajam, adalah penguatan kapasitas kelembagaan dan Tridharma perguruan tinggi, kemudian penelitian dan pengembangan prodi dan penyiaran Islam, serta pelatihan dan peningkatan mutu Sumber Daya Manusia (SDM).

"Jadi tujuan diadakannya penandatangan MoU ini, bersifat akademik untuk pengembangan program studi yang ada di Fakultas Ushuluddin, Adab dan dakwah, yaitu rencana pembukaan prodi tafsir, MD, jurnalistik Islam," ujar Dr.Hajam, M.Ag didampingi oleh wakil dekan 1, Dr. Abdurahman, MA dan wakil Dekan 3, Dr. Anwar Sanusi, MA.

Hajam juga menjelaskan, dipilihnya Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN syarif Hidayatullah Jakarta dikarenakan FDIKOM sebagai kampus yang sudah lama berdiri dan cukup mapan di tataran fakultas dakwah PTKIN. 

Sementara Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Suparto, M.Ed. P.hD menjelaskan, bahwa fakultas yang dipimpinnya memiliki 7 prodi, yaitu prodi KPI, BPI, MD, PMI, Kesos, Jurnalistik dan KPI S2, mahasiswa FDIKOM berasal dari berbagai daerah yang ada di Indonesia bahkan ada yang dari luar negeri, seperti Malaysia, Turki dan Tailand, juga alumninya sudah menyebar di berbagai profesi.


Suparto, M.Ed. P.hD, juga menjelaskan,
 bahwa penandatangan ini berawal dari pembicaraan yang dilakukan pihaknya dengan Dekan FUAD IAIN Syehk Nurjati dalam suatu forum dekan. (din)


Terkini