Tiga Hari Pelaksanaan SPMB, Ini Kata Panitia Ujian Mandiri di IAIN Cirebon


FOKUS CIREBON - Sebanyak 788 peserta SPMB Mandiri IAIN Cirebon yang datang dari wilayah 3 cirebon, bahkan juga dari jawa dan luar jawa, sukses mengikuti ujian masuk mandiri hingga hari terakhir ujian, Kamis (13/8/2020).

Kendati demikian, Panitia Ujian, Kamalul Iman Billah, yang juga Kabag Akademik IAIN SNJ Cirebon secara keseluruhan mengevaluasi pelaksanaan ujian tersebut. 

Menurut Kamal, tes offline UM Mandiri ini bersamaan masih di masa covid 19, sehingga di hari pertama, sesi pertama masih  ada penyesuaian antara peserta dan panitia, kendati semua harus dijalankan melalui protokol kesehatan yang ketat.

Penyesuaian tersebut, kata Kamal, di hari pertama sesi  pertama masih ada peserta yang tidak mengetahui jika tes dilakukan hanya satu hari dan di hari kedua datang kembali tapi itu teknis yang kemudian mampu ditangani pihak panitia. 

Evaluasi lainnya, lanjut Kamal,  ada ada peserta yang tidak membaca pengumuman secara utuh.

"Untuk menanganinya, maka panitia masih membolehkan ujian, karena datang dari jauh, dan besoknya harus membawa kelengkapan dokumen yang diminta," katanya.

Namun begitu, kata Kamal lagi, evaluasi yang dilakukan panitia tidak lantas membuat peserta stres dan panik. Panitia tetap melaksanankan aturan, namun juga memberikan kebijakan yang harus dilaksanakan oleh peserta.

"Secara keseluruhan, tiga hari pelaksanaan kegiatan ujian, semuanya berjalan baik dan panitia tetap menjalankan aturan yang salah satunya tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat," paparnya.

Kemudian mengenai materi ujian, panitia akan meneliti soal soal yang ada pada pasca ujian. Soal-soal tersebut akan di evaluasi, hal ini kemudian akan menjadi bank soal.

"Bank soal ini untuk banyak tujuan. Tetapi bank soal tersebut sudah divalidasi," jelasnya.

Soal-soal ujian yang diterima peserta disesuaikan dengan jurusan serta tingkat kesulitan soal itu sendiri, dan ini akan menjadi pertimbangan, karena satu peserta dengan peserta lain, soalnya berbeda dan sistem acak. 

"Inilah kelebihan by sistem, yang secara otomatis akan mengacak sendiri. Sehingga kemudahan by sistem ini memberikan kemudahan bagi kriteria yang dibutuhkan, inilah kelebihan by sistem, inilah sistem CBT yang full kita terapkan pada ujian SPMB Mandiri dan kita inginkan standarisasi kompetensinya sama," terangnya. (din)



Terkini