Kepincut Kesetaraan Gender, Dr Kartimi MPd Dipercaya Pegang Kursi Warek II IAIN Cirebon

Dr Kartimi MPd, Wakil Rektor II baru, IAIN Syekh Nurjati Cirebon

CIREBON, (fokuscirebon.com) - Terjawab sudah, setelah tiga bulan Kursi Wakil Rektor (Warek) II Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, IAIN Syekh Nurjati (SNJ) Cirebon yang ditinggal oleh Dr H Adib MAg karena pindah tugas menjadi Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Barat.

Kursi yang konon dilirik banyak pegawai dan akademisi karena posisinya yang strategis akhirnya dipercayakan kepada Dr Kartimi MPd dari kalangan gender. Ini memang sejarah baru bagi IAIN, memiliki Wakil Rektor dari kalangan perempuan.

Namun selidiki demi selidik, ternyata Rektor IAIN SNJ Cirebon, Dr H Sumanta MAg punya alasan tersendiri kenapa harus kepincut ke kalangan gender. Padahal sebelumnya, gonjang-ganjing siapa yang pantas menduduki kursi Warek II, santer terdengar dengan sejumlah nama yang tidak asing di telinga para pegawai dan akademisi.

Akhirnya, keputusan resmi yang disampaikan melalui Surat Keputusan Rektor IAIN SNJ Cirebon pada saat pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan, memutus seluruh prediksi dan spekulasi liar dengan terpilihnya Dr Kartimi MPd sebagai Wakil Rektor II baru.

Saat dikonfirmasi, Rektor IAIN Cirebon, Dr H Sumanta MAg mengaku jika pengganti Warek II yang jatuh kepangkuan  kaum gender bukan tanpa alasan, selain tahapannya sesuai tertuang dalam aturan Kementerian Agama juga sudah melalui hasil kajian dan penelitian.

Ditinjau dari karirnya, Kartimi sudah menjalani sejumlah jabatan strategis di lingkungan civitas akademika IAIN Cirebon. Bak sebuah tangga, langkahnya mulus menaiki satu persatu tangga tersebut dan akhirnya sampai pada kursi Warek II yang masih dianggap sebagian pegawai dan akademisi sebagai puncak karir di Perguruan Tinggi.

Jabatan yang pernah dipegang di antaranya Kepala Pusat Laboratorium Terpadu pada tahun 2007-2011, Kepala Jurusan Tadris Biologi tahun 2011-2019, dan Kepala LPM tahun 2019-2020.

Kendati demikian, Sumanta menegaskan tidak ada tugas khusus yang diberikan kepada Warek II baru. Semua berjalan seperti biasa, semua tugas dan kewenangan sudah by system dan termuat dalam ortaker dan statuta. Pejabat baru bekerja sesuai dengan tusi atau leading sektornya. 


Usai
 dilantik, Kartimi mengaku  kaget dan merasa tidak percaya mendapat amanah untuk menjabat sebagai Warek II di kampus ini. Namun sebagai bawahan, dirinya harus selalu siap apa yang sudah ditugaskan pimpinan dan menjalankannya dengan sebaik-baiknya serta penuh tanggungjawab.

"Sebagai langkah awal, saya akan menemui Pak Rektor untuk koordinasi kerja, lalu ke Kepala Biro AUAK, Kabag dan Kasubag di bawah koordinasi kerja Warek II. Intinya, saya siap dan harus dapat melaksanakan anamah ini sebaik mungkin, mohon dukungan semua ya, termasuk para awak media," kata Kartimi, Jum'at (16/20/2020), menutup perbincangan dengan fokus cirebon. (Nurudin)






Terkini