Pemkot Cirebon Terus Gencar Putus Penyebaran Covid 19 Melalui Patroli Berskala Besar

FOKUS CIREBON,  (FC) - Pemkot Cirebon terus berupaya memutus  penyebaran pandemi Covid 19. Hal ini agar warganya terlindungi dari wabah yang mematikan tersebut.

Upaya tersebut,  Pemkot Cirebon melakukan patroli berskala besar, melalui sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

Alhasil, tingkat warga yang tertular Covid-19 di Kota Cirebon pun dalam perkembangan terakhir masuk dalam kategori rendah. 

“Kota Cirebon tidak termasuk daerah yang melakukan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), 11 hingga 25 Januari 2021. Tapi, kita tidak boleh mengendurkan kesiagaan,” ucap Wali Kota Cirebkn Nasrudin Azis. 

Menurut Azis ini sebagai upaya preventif kepada masyarakat bahwa pandemi Covid-19 masih ada. Hal tersebut disampaikan saat apel patroli berskala besar dalam rangka pendisiplinan protokol kesehatan untuk mendukung PPKM Jawa Barat di Kota Cirebon Rabu (20/1) di halaman Balaikota. 

“Kegiatan malam ini sebagai bentuk dukungan pada pelaksanaan PPKM Jawa Barat di Kota Cirebon,” kata Azis.

Disampaikan bahwa pada kegiatan ini, sejumlah pusat keramaian akan didatangi untuk memastikan bahwa di tempat tersebut menyediakan tempat cuci tangan, alat cek suhu dan kesiapan fasilitas petunjuk atau himbauan tertulis terhadap protokol kesehatan (Prokes).

Sementara tim yang terlibat pada kegiatan ini terdiri Satpol PP, Polres Cirebon Kota (Ciko), Kodim 0614, Denpom Cirebon, Lanal Cirebon, Dinas Perhubungan (Dishub), DKIS, KPBD, dan Damkar, PMI, Dinas Kesehatan (Dinkes) dan instansi terkait lainnya di lingkungan Pemda Kota Cirebon. 

"Malam ini berkeliling kota untuk melakukan pengawasan kepatuhan terhadap protokol kesehatan, pengendalian situasi yang dianggap perlu serta memberikan pembinaan dan membagikan masker bagi masyarakat yang tidak menggunakan masker, " jelasnya. 

Azis juga mengucapkan terima kasih kepada para pelaku usaha serta masyarakat Kota Cirebon yang terus berupaya untuk menerapkan dan mengampanyekan kepatuhan terhadap protokol kesehatan. 

Terimkasih juga disampaikan  kepada jajaran TNI dan Polri yang konsisten terus menerus menjaga agar tingkat penyebaran covid-19 di Kota Cirebon melandai.

"Dengan kesadaran bersama untuk patuh terhadap protokol kesehatan, Azis yakin penyebaran Covid-19 di Kota Cirebon bisa dikendalikan," terangnya.

Sementara itu, Kapolres Cirebon Kota (Ciko) AKBP Imron Ermawan menjelaskan, patroli skala besar malam ini dilakukan untuk mengingatkan kepada masyarakat bahwa pandemi covid-19 masih terjadi.

“Ini merupakan upaya preventif, kami berupaya mengingatkan kepada masyarakat untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan,” ungkap Imron. 

Sementara itu,  Patroli skala besar yang digelar malam ini dimulai dari Balaikota Cirebon menyusuri ruas Jalan Siliwangi, Slamet Riyadi, Wahidin, Kartini, Siliwangi, Karanggetas, Bahagia, Pasar Talang, Alun-alun Kasepuhan, Jalan Pulasaren, Lawanggada, Parujakan, Jalan Tentara Pelajar, Cipto Mangunkusumo, Jalan Sutomo dan Kesambi.

Kemudian Jalan Drajat, Dukuh Semar, Elang Raya, Ciremai Raya, Citra Land, Lapangan Kebon Pelok, Angkasa, Pasar Harjamukti, Kanggraksan, Kalitanjung, Majasem, Perjuangan, Binawan, Stadion Bima, Gedung Kesenian Rara Santang, Kantor Dishub, Terusan Pemuda,  Pemuda, Ciptomangunkusumo dan kembali ke Balaikota Cirebon.

Di sepanjang jalan yang dilewati, sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat dilakukan. Termasuk dengan membagi-bagikan masker kepada masyarakat yang belum menggunakan masker. (Indah) 


Terkini