Vaksin Covid 19 Akan Tiba di Kota Cirebon, Sekda : Tempat Sudah Disiapkan


FOKUS CIREBON, (FC) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Drs. H. Agus Mulyadi, M.Si., menjelaskan bahwa besok vaksin covid-19 untuk Kota Cirebon akan datang. 

“Kami sudah siapkan tempatnya,” ungkap Agus, Selasa, 26 Januari 2021 di Balaikota Cirebon.

Untuk yang pertama divaksin, selain tenaga kesehatan juga akan dipilih dari Forkopimda, tokoh agama, maupun tokoh masyarakat yang ditentukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon. “Nanti yang menentukan Dinkes,” ungkap Agus.

Kepala Dinkes Kota Cirebon, dr. Edy Sugiarto, M.Kes., menyampaikan bahwa vaksin covid-19 yang akan dikirim besok sebanyak 4.600 untuk 2.300 orang dengan prioritas tenaga kesehatan (nakes) karena mereka adalah garda terdepan penanganan pandemi covid-19.

“Vaksin itu harapan kita,” ungkap Edy. Namun sebelum pelaksanaan vaksinasi covid-19 Edy tetap meminta kepada masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan (prokes) dengan disiplin.

Menjaga jarak, mencuci tangan, menggunakan masker dan menghindari kerumunan merupakan hal yang wajib dilakukan masyarakat selama pandemi covid-19 ini.

Mengenai kapan proses vaksinasi covid-19 dilakukan, Edy mengungkapkan, hal tersebut sedang dikoordinasikan, dan jika sudah ditetapkan kapan vaksinasi covid-19 dilakukan, maka pada H-1 atau sehari sebelum pelaksanaan, vaksin-vaksin tersebut akan dikirimkan ke tempat pelaksanaan vaksinasi covid-19 dilakukan.

Sedangkan Kepala UPT Farmasi, Eva Susanti, S.ST. M.Kes., menjelaskan pihaknya telah siap untuk menerima vaksin. “Di gudang logistik vaksin sudah disiapkan 5 freezer atau cold chain, satu cold chain bisa memuat hingga 10 ribu vaksin. “Namun karena dikemas box, jadi bisa muat 7 ribu vaksin,” ungkap Eva.


Cold chain tetap dijaga sesuai ketentuan, sehingga vaksin akan terjaga pada suhu dingin yang ditetapkan. Suhu udara 2 hingga 8 derajat celcius. (Indah)

Terkini