HMJ IQTAF IAIN Cirebon Gelar Tadarus Ramadhan Wujud Membumikan Al Qur'an

Kegiatan TARAM, besutan HMJ IQTAF IAIN SNJ Cirebon dalam membumikan Al Qur'an.


CIREBON, FC- Mengawali bulan suci Ramadhan, Himpunan Mahasiawa Jurusan (HMJ) Ilmu Al-Quran dan Tafsir (IQTAF) IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar pembukaan Tadarus Ramadhan (TARAM), Senin (12/4/2021). 

Kegiatan bertema “Bersama Al-Quran Masa Depan Cerah dan Hidup Semakin Terarah”, sebagai bentuk membumikan Al Qur'an.

Ketua HMJ IQTAF, M Hisam Samsul Ma’arif mengatakan, kegiatan yang akan dilaksanakan 17 hari ini, yaitu 13-28 April 2021 ini merupakan salah satu upaya pihaknya untuk membumikan Al-Quran.

“Kita sebagai mahasiawa Ilmu Al-Quran dan tafsir harus bisa membumisasikan Al-Quran, salah satunya dengan mengadakan TARAM ini,” katanya.

Sebab di bulan Ramadhan ini,  merupakan kesempatan untuk lebih meningkatkan ketakwaan. Pasalnya, begitu banyak keutamaan di bulan yang suci ini. Salah satunya yaitu Syahrul Qur’an atau bulan diturunkannya Al-Quran.

“Ini sebagai bukti nyata atas kemuliaan dan keutamaan Bulan Ramadhan ini. Oleh karenanya mari kita sebagai mahasiswa Ilmu Al-Quran dan Tafsir jadikan kegiatan TARAM ini sebagai motor untuk mencapai ketakwaan kita kepada Allah SWT,” ujar Hisam.

Sementara, Ketua Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Muhammad Maimun, MA., M.Si menuturkan, salah satu keutamaan membaca Al-Qur’an yaitu mendapatkan ampunan, keberkahan hidup, dan mendapat syafaat di akhirat.

“Mahasiswa IAT harus bangga karena termasuk sebaik-baiknya manusia yang membaca Al-Quran dan mengamalkannya di kehidupan sehari-hari. Mudah-mudahan ini menjadi tradisi yang baik untuk menyambut bulan suci Ramadhan yang selalu ada tadarus Al-Quran di dalamnya,” tuturnya. (Nur)

Terkini