Usai Soft Opening Alun-Alun Kejaksan, Pemkot Cirebon Lakukan Soft Launching Operasional Trans Cirebon

Wakil Wali Kota Cirebon, Hj Eti Herawati saat melakukan Soft Lunching Operasional Trans Cirebon.


CIREBON, FC - Pemkot Cirebon melakukan Soft Launching Operasional Trans Cirebon, Senin (12/4/2021). Sebelumnya Pemkot juga melaunching Soft Opening Alun-Alun Kejaksan. 

Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi mengungkapkan, tahun 2018 Pemkot Cirebon mendapatkan bantuan hibah 10 unit Bus Rapid Transit (BRT) dari Kementrian Perhubungan, setelah hampir tiga tahun tak ada kabar, akhirnya tahun ini BRT yang dibranding menjadi Trans Cirebon mulai beroperasi.

"Pada 9 April lalu, menjadi tanggal bersejarah, karena terjadi penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara PD Pembangunan sebagai salahsatu BUMD yang ditugaskan Pemkot, dengan PT Bima Inti Global (BIG) dalam pengelolaan BRT," katanya.

Agus juga menjelaskan, pada tahun 2018, menerima 10 unit BRT, BASTO, tapi karena berbagai dinamika baru bisa beroperasi saat ini, dan pada tanggal 9 kemarin menjadi momentum sebuah kerjasama yang menjadi dasar beroperasinya Trans Cirebon.

Agus juga mengungkapkan bahwa Trans Cirebon memiliki dua koridor rute operasional, yakni dalam dan luar kota, namun untuk awal beroperasi, Trans Cirebon hanya akan beroperasi di dalam kota saja.

"Mengingat ada satu koridor yang melalui wilayah Kabupaten, kami meminta dukungan kepada Pemkab untuk ikut mensukseskan opersional Trans Cirebon menjadi sarana transportasi metropolitan Cirebon," ucap Agus.

Dijelaskan, transportasi metropolitan Cirebon pada dua minggu awal gratis, pembayarannya non tunai. Agus mengaku pihaknya sudah koordinasi dengan BI dan BJB, dan diharapkan BRT bisa didukung semuanya. (Nur)

Terkini