Adnil, Mahasiswa KPI IAIN Cirebon Sukses Meraih Juara 2 Lomba Essay Tingkat Nasional

Sertifikat penghargaan yang diraih Adnil pada lomba essay di Jogyakarta, Jawa Tengah. 


FOKUS CIREBON, FC - Di penghujung Ramadhan 1442 H, kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon mendapat kabar gembira. Di mana mahasiswanya, Mukhamad Adnil Faisal berhasil meraih kesuksesan pada ajang bergengsi lomba essay tingkat nasional di Jogyakarta, Jawa Tengah, yang digelar secara online.

Mahasiswa KPI IAIN SNJ Cirebon, semester IV ini, berhasil menyabet juara dua pada Lomba Essay Pendidikan yang diselenggarakan oleh Lembaga Kemahasiswaan Universitas Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta, dengan judul essay  "Aktualisasi Pendidikan Karakter Berbasis Ketahanan Keluarga Rekonstruksi Nilai-nilai Kebudayaan Indonesia dalam Mewujudkan Generasi Muda Unggul".

Kepada fokuscirebon.com Adnil mengaku, persiapan yang dilakukan hanya kurang lebih 2 mingguan, mulai dari riset lapangan, kajian pustaka dan lain-lain, termasuk mulai mencari gagasan dan ide kreatif yang bisa diangkat sesuai tema yang diberikan. 

Alhasil, Adnil lolos bersaing ketat dengan 60 peserta lainnya dari sejumlah perguruan tinggi di Indonesia, termasuk mampu tegar menghadapi lawan terberatnya yakni dari IAIN Kudus.

Kesuksesan yang diraihnya, kata Adnil, sangat termotivasi oleh tekadnya yang kuat untuk mendulang prestasi nasional ini. Adnil ingin selalu berbuat dan berkarya untuk membanggakan keluarga dan kampus tercintanya. Sehingga mampu menyisihkan puluhan peserta lainnya dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Atas kesuksesan ini, Adnil juga ingin berbagi pengalaman kepada teman-temannya. Motivasinya adalah ingin generasi muda bisa menjadi generasi perubahan bukan sekedar rebahan, memberikan peran dan bukan baperan. Berani memberikan ide dan gagasan untuk sebuah kemajuan, berprestasi demi memberikan semua orang kebanggan.

"Motivasi yang paling kuat adalah prestasi yang saya capai didekasikan untuk alm. Ayah saya yang telah membentuk kepribadian saya sampai sekarang, juga ini sebagai pertanggungjawaban saya sebagai mahasiswa  bidikmisi untuk senantiasa berprestasi," terang Mukhamad Adnil Faisal.

Menyinggung soal dukungan pihak kampus, Adnil mengungkapkan, pada dasarnya kampus sangat mendukung setiap kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan skill dan prestasi mahasiswa.  

Terlebih Ketua dan Sekretaris Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Dr H Aan Mohammad Burhanudin M.A dan Asriyanti Rosmalina M.Ag yang sudah seperti orang tua sendiri, memberikan berbagai dukungan dan doa bagi mahasiswanya. 

"Tentu banyak sekali dukungan yang saya dapatkan, terutama dari orang tua dan keluarga yang senantiasa memberikan support, demikian juga dari ayah saya (alm), teman-teman HMJ komunikasi dan Penyiaran Islam dan juga pengurus KPM IAIN syekh Nurjati Cirebon sangat mendukung perjalanan saya mengikuti lomba," katanya.

Adnil juga memberikan motivasi untuk teman temannya yang ingin berlomba, katanya, jangan pernah takut, jangan insecure, percayalah bahwa manusia terlahir dengan segala kelebihan yang ada,  berani mencoba dan lakukan yang terbaik, masalah hasil biar menjadi ranah Allah yang menentukan dan jangan lupa senantiasa mengasah kemampuan dan skill agar siap menghadapi lawan. (din)




Terkini