Kunjungan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono yang diwakili oleh Danlatamal III Jakarta di SMAN 1 Kota Cirebon dalam Kegiatan Vaksinasi Kedua



FOKUS CIREBON – Kepala Sekolah SMAN 1 Kota Cirebon, Dr H Nendi, S.Pd, MM, patut diapresiasi atas langkahnya dalam mendukung program pemerintah dalam percepatan memutus mata rantai Covid 19. 

Selain memutus, Nendi juga menjaga para siswa dan seluruh di lingkungan pendidikan SMAN 1 Kota Cirebon agar tidak terpapar pandemik Covid 19 dengan cara terus menerapkan prokes dan menjaga kesehatan lingkungan sekolah.

Terkait dengan program vaksinasi, Nendi menjelaskan, vaksinasi dosis kedua ini, untuk total 1.000 siswa-siswi. Vaksinasi tersebut adalah ikhtiar untuk melidungi siswa-siswi dari Covid-19 saat PTM Terbatas.

Pelaksanaan vaksinasi tersebut merupakan kolaborasi dari Lantamal III Jakarta, Pemkot Cirebon, Dinkes Kota Cirebon, Polres Ciko, Kodim 0614/SGJ, dan juga Lanal Cirebon. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono yang diwakili oleh Danlatamal III Jakarta, Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq.

Dalam keterangannya, Farouq mengatakan bahwa kegiatan vaksinasi yang dilakukan SMAN 1 Kota Cirebon dengan berbagai stake holder, salah satunya adalah Polres Cirebon Kota (Ciko), adalah rangkaian dari program pemerintah untuk memutus mata rantai penyakit Covid-19. Sehingga, akhirnya, masyarakat termasuk pelajar, tetap sehat dan tidak mudah terpapar.

“Kita hadir dari Danlatamal III untuk meninjau sejauh mana pelaksanaan vaksinasi ini di daerah. Memang, harapannya, vaksinasi bertahap ini mampu menjaga herd immunity seluruh masyarakat Kota Cirebon. Danlatamal juga akan terus melaksanakan kegaitan ini secara kontinyu,” tutur Farouq.

Nendi juga mengungkapkan, vaksinasi tersebut merupakan bagian dan usaha SMAN 1 Kota Cirebon agar siswa-siswi tidak terpapar Covid-19. Serta bisa menjalankan PTM dengan baik. Selain itu, selama tiga pekan, PTM di sekolahnya berjalan lancar.

“Total, dari siswa yang melaksanakan vaksinasi itu, sekitar 1.000 dosis. Mengingat, siswa-siswi juga sudah ada yang divaksin. Kita memang ada dosis pertama dan kedua, karena tidak lolos screening. Ini ikhtiar kita yang memang juga mendapat apresiasi dari pemerintah pusat,” tutur Nendi. 

Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal III) Jakarta Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq meninjau serbuan vaksinasi di SMAN 1 Kota Cirebon pada selasa (21/09/21).

Kedatangan Danlantamal III disambut Danlanal Cirebon Letkol Laut (P) Afif Yuhardi Putera, Asda I Kota Cirebon Sutisna, Kepala Sekolah SMAN I Drs Nendi dan lain sebagainya. 

Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq usai meninjau vaksinasi mengatakan, TNI AL melalui Lantamal III Jakarta menyelenggarakan vaksinasi massal di masing – masing wilayah kerja guna menjalankan program pemerintah menuju herd immunity secara nasional.

“ Saat ini kami meninjau bagaimana pelaksanaan vaksinasi secara parsial bisa berjalan dengan lancar dan sukses, saya bersykur dan merasa bangga sekali," Ujar Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq.

Danlantamal III melanjutkan, dari data yang ada, Kota Cirebon sudah 62 persen yang melaksanakan vaksinasi dan diharapkan dapat mampu meningkatkan presentase yang lebih baik, sehingga target vaksinasi dapat terwujud. “Kami dari Lantamal III untuk senantiasa melaksanakan kegiatan secara kontinyu bersama komponen bangsa lainnya. Tujuan hanya satu, Indonesia Sehat,” ucap Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq.

Lebih lanjut Umar Farouq berpesan kepada siswa, walaupun sudah di vaksin, wajib menjalankan protokol kesehatan secara ketat guna meminimalisir terjangkit Covid-19. 

Hal yang sama ditegaskan Kepala Sekolah SMAN 1 Kota Cirebon, Drs. Nendi, bahwa vaksinasi ini merupakan vaksin dosis kedua. Dari 1.274 siswa saat ini ada yang baru mengikuti dosis pertama. 

"Hanya 50 siswa yang melakukan dosis 1, karena ketika tahap awal mereka tidak lolos skrining. " Kami bersyukur anak - anak bisa semangat mengikuti vaksinasi dan berharap pandemi Covid 19 bisa cepat berakhir," tutur Drs Nendi.


Sementara itu, banyak siswa SMA Negeri 1 Kota Cirebon mengaku senang bisa mengikuti vaksin. 

"Ya, saya senang, karena saya bisa ikut divaksin dan ini vaksin yang ke 2, kami semua semua mengucapkan terimakasih kepada pihak sekolah yang sudah menyelenggarakan kegiatan vaksin ini, dan kami tetap akan menjalan prokes sebagaimana yang diberlakukan pihak sekolah, baik mencuci tangan, mengenakan masker dan lainnya," tegas para siswa. (din)

Terkini