Penuhi Pendidikan Tinggi Standar Nasional, Jurusan KPI IAIN Cirebon Melaksanakan Audit Mutu Internal

Kegiatan AMI di Jurusan KPI FUAD IAIN Suleh Nurjati Cirebon, Jum'at (22/10/2021).


FOKUS CIREBON - Bertepatan dengan Hari Santri, Jurusan KPI, FUAD IAIN Syekh Nurjati Cirebon melaksanakan Audit Mutu Internal (AMI) yang dilakukan oleh LPM IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Jum'at (22/10/2021).

Hadir pada kegiatan tersebut, Dekan FUAD Dr. HaJam, M.Ag, Wadek 1, Dr. Arief Rachman, M.Si, Wadek 2, Dr. Sri Rokhlinasari, Wadek 3, Dr. Anwar Sanusi, M.Ag dan para auditor AMI di Jurusan KPI, Hj. Yeti Nurizzati dan Yuyun Maryuni.

Menurut Ketua Jurusan KPI, Dr Aan Mohamad Burhanudin, bahwa AMI ini bertujuan untuk meninjau kesesuaian penyelenggaraan pendidikan tinggi dengan standar nasional guna menciptakan budaya mutu. 

Kegiatan AMI ini, ujar Aan, merupakan implementasi Peraturan Menteri Ristek dan Pendidikan Tinggi No 62 Tahun 2016 tetang SPM Dikti. 

Selain itu, kata Aan, proses AMI di Jurusan KPI berjalan obyektif dan benar-benar mengedepankan profesionalitas. Apalagi AMI tahun ini berbeda dari tahun kemarin, di mana AMI tahun ini proses input oleh audit serta validasi data nya oleh asesor melalui aplikasi online siborang, lalu dikonfirmasi dengan visitasi ke jurusan.

"Alhamdulillah, hasil dari AMI di Jurusan KPI sangat baik, namun masih harus melengkapi data yang dibutuhkan agar hasilnya bisa meningkat," terangnya.


Aan juga menjelaskan, bahwa AMI merupakan kegiatan rutinitas tahunan, yang sangat penting bagi jurusan, karena jurusan dapat wawasan dan pengetahuan baru dari setiap standar dengan kesesuaian dokumennya.

Selain itu, AMI juga dapat memberikan potret atau gambaran kondisi jurusan dengan lebih tepat, sehingga bisa dimanfaatkan untuk proses perbaikan guna peningkatan mutu jurusan. (din)

Terkini