PT Danarta Anugrah Divina Gandeng UMC Buka Pelatihan Berwirausaha Di Usia Muda Bagi Calon Wisuda

Pelatihan Wirausaha - Kerjasama PT DAD dengan Univeritas Muhammadiyah Cirebon bagi para calon wisudawan dan wisudawati UMC melalui kegiatan 'Kiat Mudah Mencari Kerja dan Berwirausaha di Usia Muda' yang digelar di Ruang Auditorium UMC, Rabu (19/10/2021).


FOKUS CIREBON - Membangun jiwa kewirausahaan (eunterpreuner) pada mahasiswa menjadi misi utama Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC). Hal itu, sebagai jawaban tantangan jaman, sekaligus memenuhi kebutuhan pasar.

Menurut Rektor UMC, Arief Nurudin MT, 
Hal ini dilakukan agar para mahasiswa UMC memiliki keterampilan, dan bisa berkarya di bidang apapun. Maka UMC pun digandeng bekerjasama dengan PT Andara Anugrah Divina (DAD) yang bergerak di sejumlah bidang usaha dan lainnya.

"Hari ini PT DAD tengah memberikan pelatihan bagaimana kiat mencari kerja dan Berwirausaha di usia muda bagi para calon sarjana yang akan di wisuda," terang Rektor Arief kepada Fokus Cirebon, Rabu (19/10/2021).

Dijelaskan, mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut, ada sebanyak 100 mahasiswa dari 573 mahasiswa UMC yang akan di wisuda. Tujuannya, selain soft skill, juga membangun kemandirian. Ini sebagai bentuk penyaluran bagi lulusan, baik yang memilih bekerja, usaha maupun yang melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya.

"Jadi setelah pelatihan ini akan ada kegiatan job fair, dan bagi mahasiswa yang memenuhi syarat akan diterima kerja di PT DAD," kata Arief.

Arief menegaskan, bahwa kegiatan pelatihan ini merupakan kerjasama Carier Development Centre (CDC) Universitas Muhammadiyah Cirebon dengan PT DAD. 

CDC sendiri berfungsi sebagai tempat pengembangan karir dan eksistensinya sudah membuka kerjasama dengan berbagai bidang karir dengan pihak luar.

Sementara itu, Direktur Keuangan dan Audit, PT Danarta Anugrah Divina, Thomas Nugroho mengatakan, kiat sukses mencari kerja dan berwirausaha di usia muda ini, merupakan salah satu bentuk pelatihan yang kita berikan bagi mahasiswa UMC dalam menata karirnya ke depan.

Selain membuka kegiatan pelatihan, DAD juga membuka kerjasama di sejumlah bidang, baik itu dengan sejumlah Perguruan Tinggi di Indonesia maupun dengan pihak lain di luar perguruan tinggi.

"Kita juga punya Warung Desa, yang fungsinya untuk mengajak banyak orang dalam meniti karir di bidang usaha. Warung Desa sendiri bergerak di usaha  penjualan pulsa, pembayaran air dan listrik serta lainnya," ucapnya. 

Thomas juga menjelaskan, bahwa Warung Desa bisa menjadi tempat bermitra dari lulusan UMC dan mereka bisa menjadi pengusaha-pengusaha muda, bahkan juga mereka bisa menjadi agen usaha.

Selain Warung Desa, ada juga Sahabat Desa dan PT DAD juga membangun literasi keuangan di desa. "Kita ajak warga masyarakat desa untuk bisa mengatur keuangannya, sehingga masyarakat bisa memenej keuangan untuk keluarga dan masa depan anak-anaknya. Terutama untuk pendidikan anak dan kebutuhan lainnya," papar Thomas.


Terkait kerjasama ini, Thomas mengaku bahwa Universitas Muhammadiyah Cirebon sebagai universitas yang bagus dan berkarakter. "Jadi kita tertarik dan membuka kerjasama tersebut. Mudah-mudahan lulusan dari sini bisa bekerja atau berkarya di kami," terangnya.

Thomas juga berharap, kerjasama dengan pihak UMC ini bisa panjang, sehingga alumninya bisa berkarya di tempatnya. 

"Kerjasama ini juga dalam rangka untuk memajukan atau membantu lulusan  UMC untuk melihat dunia usaha," tandasnya menutup perbincangan  dengan Fokus Cirebon. (din)


Terkini