IAIN Cirebon Menjadi Peserta Perkemahan Wirakarya Nasional di Palembang

PALEMBANG, FC - IAIN Syekh Nurjati Cirebon bersama 57 perwakilan dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIN) Se Indonesia mengikuti kegiatan Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) di Lapangan Utama Jakabaring, Palembang, Rabu (10/11/2021).

Pada kegiatan tersebut, seluruh perwakilan PTKIN disambut dengan Upacara adat pramuka di hari pertama Perkemahan Wirakarya Nasional.

Kegiatan tersebut juga dari lintas agama serta bertepatan dengan Hari Pahlawan, upacara adat tersebut bertema “Bhineka Tunggal Ika”.

Warna-warni busana adat yang dikenakan peserta menambah semarak kegiatan tersebut. Beraneka macam warna busana tersebut mempresentasikan suku dan asal daerah masing-masing peserta.

Bahkan ketika hujan mengguyur lapangan utama di mana kegiatan berlangsung, peserta tetap khidmat mengikuti seluruh kegiatan sekalipun pakaian mereka basah. Sehingga suasana kebangsaan dan persatuan mereka sangat terlihat kompak.

Berdasarkan laporan yang diterima Fokus Cirebon, kegiatan ini bertujuan untuk mempererat silaturrahim antar anak bangsa. "Inilah bukti kebangsaan yang mempererat persatuan, tak ada lagi perbedaan dan mereka sangat menjunjung tinggi "Bhineka Tinggal Ika".

Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Sumanta M.Ag foto bersama di kegiatan PWN Palembang

Sementara itu, 58 yang menjadi peserta pada kegiatan ini, dan sebagai bentuk informasi, bahwa acara adat ini merupakan ceremony yang menjadi tata nilai dan harus ditaati. Karena, acara tersebut diciptakan oleh satuan pramuka dalam setiap kegiatan. (din)

Terkini