Tanamkan Kepedulian Sosial, Lembaga Dakwah Mahasiswa IAIN Cirebon Gelar Baksos di Panti Beringin Bhakti Cirebon


FOKUS CIREBON - Upaya memanusiakan manusia serta menjalin silaturrahmi dengan masyarakat luas, UKM Lembaga Dakwah Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati melalui dua departemennya yakni Departemen Ekonomi Keumatan dan Departemen Kemuslimahan mengadakan bakti sosial dengan membagikan sembako di Jl Pangeran Cakrabuana, Desa Kecomberan, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, tepatnya di Yayasan Beringin Bhakti, Minggu (1/11/2021).

Selain penyaluran sembako, mahasiswa melalui Lembaga Dakwah ini juga menggelar berbagai kegiatan lainnya, seperti mengajar sambil bernyanyi, game dan lainnya. Hal ini sesuai dengan sangat yang tercantum pada tema kegiatan yakni “Berdedikasi dengan Aksi Berkiprah dengan Hati”.

Kendati begitu, kegiatan penyaluran sembako ini dilakukan dengan tetap menerapkan protocol distancing. Sedang isi sembako di antaranya masker medis, hand sanitaizer, beras karungan, gula, minyak, mie instan goreng, telor, susu kalengan, sarden maya, snack, air mineral, Al Qur’an dan ATK lainnya. 

Ketua Umum Lembaga Dakwah Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Kadadi, menyatakan rasa terimakasihnya kepada semua pihak yang menjadi  sponsor pada kegiatan ini. Baik kepada Yaum Cirebon, Rumah Amal Salman Cirebon, HMI Cirebon, Emina Cirebon, Layla Store, UKM Mart Bekasi, Fatimah Hijab dan jualanku store serta media patner yang telah membantu mensyiarkan acara kami ke platfrom media sosial.

"Kepada semua sponsor yang telah membantu mensukseskan kegiatan ini kami ucapkan banyak terimakasih," katanya.

Dia juga menjelaskan bahwa target kegiatan ini dibatasi oleh pihak panti Beringin Bhakti sebanyak 50 orang,  tetapi yang hadir pada acara tersebut ada sebanyak 30 orang.

"Acara bakti sosial yang diadakan Lembaga Dakwah Mahasiswa ini sangatlah menginspirasi remaja dan dewasa. Para mahasiswa mahasiswi di Lembaga Dakwah Mahasiswa ini juga sangatlah ikhlas dan sepenuh hati dalam menjalankan kegiatan ini. Semoga ini menginspirasi dan bermanfaat," ujarnya lagi.

Ketua Departemen Kemuslimahan, Atikah dan Depertemen Ekonomi Keumatan, Alwi, Lembaga Dakwah menjelaskan, bahwa hidup itu bukan hanya memikirkan diri sendiri, tetapi juga harus perduli dengan lingkungan dan orang lain. "Ketika kita membantu urusan orang lain, maka Allah dan masyarakat akan membantu dan memudahkan urusan kita," terang keduanya.


Sementara itu, dalam kegiatan baksos ini pihak Panti Beringin Bhakti menyambut positif, mengingat kegiatan tersebut sangat memanusiakan manusia. Antara satu dan lainnya menghilangkan perbedaan dan saling menghormati serta menyayangi. 

Sikap-sikap ini ditunjukan langsung oleh para mahasiswa yang tergabung di Lembaga Dakwah Mahasiswa, mereka dengan sikap santun, lembut dan penuh kasih sayang berbaur dengan para anak anak panti.

Kepedulian mahasiswa IAIN Cirebon ini sebagai bukti bahwa setiap manusia adalah sama derajatnya dihadapan Allah SWT, sehingga para mahasiswa ini  mengajak kepada semua masyarakat peduli dan harus melek atas kepedulian dengan sesama. (din)

Terkini