UKM HTQ IAIN Cirebon Gelar Webinar Nasional Semarak Seni Qur'ani 2021

Semarak Seni Qur'ani 2021


FOKUS CIREBON - Mahasiswa Hay'atu Tahfidzul Qur'an (HTQ), IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengadakan kegiatan webinar nasional yang merupakan salah satu rangkaian acara di Semarak Seni Qur’ani 2021.

Kegiatan hasil besutan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Hay’atu Tahfidzil Qur’an (HTQ) ini, dilaksanaka di auditorium Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Senin (20/12/2021).

Pada kegiatan tersebut, HTQ pada Semarak Seni Qur’ani 2021, mengangkat tema “Membangun dan Mewujudkan Generasi Emas yang Berkompeten bersama Al-Qur’an”. 

Dalam sambutannya, Arief selaku ketua umum HTQ menjelaskan, kegiatan Semarak Seni Qur'ani (SSQ) Tahun sekarang bisa sampai pada tingkat Nasional dengan pelaksanaannya via Zoom Meeting dan Platform Youtube Htq Senja Cirebon. 

"Kegiatan ini dilakukan secara daring dan luring, semoga dengan semangat dari teman-teman kita bisa bersama untuk mewujudkan tujuan tersebut dan pada akhirnya akan mendapatkan berkah dari Al - Qur'an. Aamiin," ujarnya.

Narasumber yang terlibat dalam Webinar tersebut yaitu KH. Lukman Hakim, MA (Pencetus Metode Ilham-QU) & Drs, H. Amir, M.Ag (Direktur Utama Ma'had Al-Jami'ah IAIN Cirebon)

Berdasarkan tema ini, topik bahasan pada webinar ini adalah webinar nasional Semarak Seni Qur’ani 2021, dengan tujuan agar kita semua dapat mengetahui dan menerapkan strategi dalam menghafal al-Qur’an dan dapat menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam al-Qur’an pada kehidupan sehari-hari. 

Pada kegiatan ini, dua pembicara berlatar belakang Qur’ani . Pembicara pertama adalah KH. Lukman Hakim, MA dan pembicara kedua yakni Bapak Drs. H. Amir, M. Ag. Kedua pembicara ini membawakan materi dengan santai dan dapat dicerna baik oleh peserta webinar. 

Kyai Lukman pembicara pertama menyampaikan, bahwa orang sukses itu 80 persen ditentukan oleh soft skill dengan karakter sang pemenang dan berani menghadapi tantangan. 

"Memang ini membutuhkan sebuah proses yang panjang. Tetapi mari kita berproses menjadi generasi Qur'ani yang unggul dengan di mulai dari diri sendiri untuk senantiasa menyapa al-Quran, giat, meyakinkan keyakinan yang kuat dan berani untuk sebuah keberhasilan, serta bisa menghargai sebuah proses yang panjang," paparnya.

Dari pemaparannya itu, salah satu kutipan dari KH. Lukman Hakim yang menarik yakni menyapa dan berinteraksi dengan al-Qur’an adalah investasi terbaik, karena ia akan menggapai kebahagiaan di dunia dan dia di akhirat serta keberkahan dan kemuliaan di dunia.

Sementara menurut H.Amir, narasumber ke 2, bahwa untuk membangun generasi emas yang unggul butuh seseorang yang dapat mengarahkan dan memberikan petunjuk, kemudian mengayomi serta memberikan arahan-arahan. 

Dalam hal ini tentu kita butuh seorang murabbi, seorang pelatih,  seseorang yang mampu memberikan kenyamanan bagi kita untuk menuju kesuksesan. Sehingga betul-betul memberikan alasan yang tepat untuk mengetahui potensi diri kita, potensi yang ada dalam diri kita, dan itu akan meresponnya dengan baik. 

Disamping itu H Amir juga menambahkan, bahwa orang yang hidupnya menyapa Al-Qur'an, maka dia sedang berinvestasi di dunia dan akhirat.

Ketua Divisi Tahfidz, Lutfi Mubarok menyatakan, untuk dapat mewujudkannya tentu sangatlah kurang jika tidak dibarengi dengan keyakinan terkabulnya do'a kita, karena dengan berdo'a dan disertai dengan keyakinan tersebut. 

HTQ sebagai sebuah UKM harus mempunyai visi dan misi untuk mewujudkan cita-cita tersebut, seperti halnya yang dikatakan kyai Lukman. 

"Kita harus memiliki karakter sang pemenang yang memiliki keyakinan dan keberanian yang kuat dan bisa menghargai sebuah proses yang panjang," tandasnya.

Terkini