Wakil Wali Kota Cirebon Hadiri Penutupan Festival Topeng

FOKUS CIREBON, FC - Wakil Walikota Cirebon, Eti Herawati hadiri penutupan topeng Cirebon pada Pekan Kebudayaan Daerah Kota Cirebon tahun 2021 sangat meriah dan pukau penonton. Kegiatan yang berlangsung di Gedung Nyimas Rarasantang, Kota Cirebon, berlangsung pada Rabu, 8 Desember 2021.


Menurut Eti, Pekan Kebudayaa Daerah adalah program penggalian pelestarian dan pengambangan potensi budaya daerah yang tujuanya untuk pelestarian dan pemajuan obyek kebudayaan. Program tersebut berkorelasi dengan kegiatan Pekan Kebudayaan Nasional yang dilaksanakan tiap tahun sesuai dengan program tiap kabupaten masing-masing.

Tari Topeng merupakan kebudayaan asli Cirebon. Filosofi Tari Topeng Cirebon menggambarkan aspek kehidupan yang sangat luas karena mencakup kepribadian, cinta, angkara murka, kepemimpinan, serta perjalanan hidup manusia dari lahir hingga dewasa. 

Karena itu, lanjut Eti Herawatin, seni dan budaya yang melingkupi Topeng Cirebon perlu dilestarikan sebagai warisan bagi generasi penerus.

Semoga kegiatan ini dapat menjadi momentum untuk memperkuat komitmen kolektif dalam pelestarian tradisi dan kebudayaan Cirebon. (Heri)


Terkini