48 Pejabat Fungsional di Lingkungan )emda Kota Cirebon Dilantik

CIREBON, FC – Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, S.H., melantik sebanyak 48 pejabat fungsional di lingkungan Pemda Kota Cirebon, Jumat (4/2/2022), di Hotel Prima Jalan Siliwangi Kota Cirebon.

Pejabat fungsional yang dilantik terdiri dari 31 pejabat fungsional guru yang diberi tugas tambahan sebagai kepala sekolah, 15 orang pejabat fungsional pengawas dan dua orang pejabat fungsional pengadaan barang dan jasa.

“Pelantikan ini merupakan tindak lanjut dalam rangka urgensi pengisian kekosongan jabatan,” ungkap Wali Kota Azis.

Azis mengatakan, kepala sekolah adalah guru yang diberi tugas untuk memimpin pembelajaran dan mengelola satuan pendidikan yang meliputi tingkat sekolah, taman kanak-kanak sampai dengan sekolah menengah atas.

“Pengawas sekolah adalah pegawai negeri sipil yang diberi tugas, tanggung jawab dan wewenang secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melaksanakan pengawasan akademik dan manajerial pada satuan pendidikan.” tuturnya.

Sedangkan, sambung Azis, jabatan fungsional pengelola pengadaan barang dan jasa  adalah jabatan yang mempunyai ruang lingkup tugas, tanggung jawab  dan  wewenang untuk melakukan kegiatan pengelolaan pengadaan barang dan jasa pemerintah sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Di masyarakat masih terdapat stigma bahwa jabatan fungsional merupakan jabatan kelas dua dibandingkan jabatan struktural. Padahal banyak keuntungan dari jabatan fungsional yang dapat kita peroleh, salah satu di antaranya yaitu batas usia pensiun yang lebih panjang,” kata Azis.

Perlu diketahui, jabatan fungsional bukanlah jabatan yang bisa diisi oleh sembarang orang. Pengisiannya didasarkan pada keahlian dan keterampilan tertentu dan dibuktikan dengan sertifikasi dan/atau penilaian tertentu.

“Kepada para pejabat fungsional yang dilantik untuk segera menyesuaikan dan terus meningkatkan kompetensi diri sesuai dengan jabatan fungsionalnya,” ucap Azis.

Ia berharap, para pejabat fungsional yang dilantik dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, mencermati setiap perubahan dan tuntutan zaman yang ada, serta dapat membantu bekerjasama mewujudkan visi-misi Kota Cirebon.

“Selamat bertugas. Ingatlah bahwa jabatan yang dipercayakan kepada saudara-saudara, merupakan amanah yang harus diemban, yang harus disyukuri dan dipelihara dengan sebaik-baiknya,” katanya. (din)

Terkini