Ikatan Mahasiswa Kuningan Gelar Bakti Sosial di Desa Padarama, Bupati Kuningan Apresiasi

 

Bupati dan Kepala Desa Padarama Kuningan apresiasi Ikatan Mahasiswa Kuningan (IMK) yang menggelar kegiatan bakti sosial selama 10 hari di Desa Padarama.


CIREBON, FC -  Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan sejumlah mahasiswa Perguruan Tinggi lainnya, yang tergabung pada Ikatan Mahasiswa Kuningan (IMK) wilayah Cirebon, menggelar acara bakti sosial di desa Padarama, Kecamatan Ciawigebang, Kabupaten Kuningan pada Rabu (02/02/2022). 

Acara yang diberi nama IMK Ngabdi tersebut akan digelar selama 10 hari ke depan mengangkat tema “Ngawangun Lemah Cai di Tanah Walagri Kuningan Asli”.

Dalam sambutanya , ketua pelaksana kegiatan, Rizki Maulana menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Padarama yang sudah menerima kami untuk melaksanakan kegiatan ini Ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia dan tamu undangan yang telah menyukseskan serta berkenan hadir. 

Adanya bakti sosial ini menjadi momentum berbakti pada tanah kelahiran “Sejauh manapun melangkah, pasti akan kembali ke tanah kelahiran. Maka adanya baksos ini, semoga dapat menjadi momentum bagi kader IMK untuk bisa berbakti pada tanah kelahiran,” ujarnya.

Kemudian sambutan berikutnya disampaikan oleh ketua Umum IMK Wilayah Cirebon Alif Fathul Aziz, ia menegaskan, adanya kegiatan bakti sosial ini merupakan implementasi tri dharma perguruan tinggi, belajar dan mengajar, penelitian dan pengebdian masyarakat. Sekaligus merupakan program yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya dengan dimotori bidang Pengabdian Masyarakat (PM). 

“Sebelum adanya baksos, ada IMK Menggaya (mengenal keragaman budaya) dan puncaknya adalah bakti sosial yang mana pengimplementasian tri dharma perguruan tinggi dengan tujuan sebagai pembelajaran mahasiswa dalam bidang penelitian, dan pengabdian masyarakat,” papar Alif Fathul Aziz.

Sementara itu, Kepala Desa Padarama Pak Suheman mengatakan, mangga kepada seluruh mahasiswa kuningan wilayah cirebon yang ingin melaksanakan program kerja bakti sosial di Desa padarama dan masyarakat akan sangat terbuka kepada mahasiswa.

Harapnya mahasiswa dan masyarakat bisa bersinergi dan memaksimalkan kegiatan ini, supaya berjalan dengan lancar serta menuangkan inovasinya untuk masyarakat padarama.

Acara pembukaan sendiri dibuka dengan launching beserta penyerahan buku secara simbolis. Buku yang berjudul "Potret Desa Padarama dalam Bingkai Sosio-Ekonomi, Sejarah dan Budaya - Sebuah Karya Pengabdian" tersebut secara umum membahas mengenai Desa Padarama. 

Pembahasan tersebut dimulai dari sejarah dan perkembangannya yang dilihat dari segi agama, budaya dan sosio ekonomi serta potensi-potensi Desa Padarama yang dapat dikembangkan.

Melalui Ketua Dinas Pendidikan, H. Acep Purnama SH, MH selaku bupati Kuningan, memberikan apresiasi kepada IMK karena telah berhasil mempresentasikan hasil penelitiannya dalam kacamata sejarah, sosio-ekonomi, dan budayanya mengenai desa Padarama. 

Hal tersebut tentunya bisa menjadi gambaran bagi pemerintah daerah  untuk mengambil kebijakan terkait daerah Padarama kedepannya. (Heri)

Terkini