Bertemu di Forum Audensi, PWI-IAIN Bahas Sejumlah Kerjasama

JALIN KERJASAMA : PWI Cirebon lakukan audensi ke kampus IAIN Cirebon dalam rangka membuka sejumlah kerjasama, Senin (21/3/2022).


CIREBON, FC - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cirebon melakukan kunjungan kerja ke kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Kunjungan tersebut dalam rangka audensi untuk membuka sejumlah program kerja PWI yang bisa dikerjasamakan dengan pihak IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Senin (21/3/2022).

Pertemuan yang digelar di gedung rektorat kampus setempat dihadiri Ketua PWI Cirebon dan para pimpinan IAIN. Dalam audiensi ini, ada tiga poin yang disetujui bersama dan akan dituangkan dalam bentuk MoU.

“Pertama, PWI Cirebon akan menjadi fasilitator untuk diskusi-diskusi publik yang akan melibatkan mahasiswa, akademisi, professional, serta seluruh kalangan, tentunya dengan tema besar yang nantinya akan kita angkat dalam diskusi tersebut,” ujar Ketua PWI Cirebon, M Alif Santosa, usai audiensi.

Kemudian, menurutnya, PWI juga akan menghidupkan pelatihan jurnalistik di kampus IAIN Syekh Nurjati.

“Pelatihan jurnalistik ini adalah sebagai bentuk tanggung jawab kita di era disrupsi informasi, di mana arus informasi begitu banjir, yang mana yang benar dan yang mana yang hoaks begitu samar, maka PWI memiliki tanggung jawab untuk melakukan edukasi melalui pelatihan jurnalistik tersebut,” ujar Alif.

Yang ketiga, PWI juga akan berupaya untuk menjadikan wartawan sebagai dosen tamu di IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

“Kami sedang berupaya untuk menjadikan wartawan sebagai dosen tamu sesuai kapasitas ilmunya masing-masing, kami ingin memberdayakan wartawan karena selama ini wartawan hanya menyalurkan kemampuannya melalui tulisan,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III IAIN Syekh Nurjati Cirebon H Ilman Nafi’a mengatakan, IAIN Cirebon saat ini sedang gencar mengembangkan kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk juga PWI Cirebon.

“Ini juga dalam rangka mengembangkan tridarma perguruan tinggi, yaitu di bidang penelitian, pendidikan dan juga pengabdian masyarakat,” kata Ilman.

Ia menambahkan, hubungan kerja sama dengan berbagai pihak ini juga dalam rangka mendukung Kampus Merdeka.

“Mahasiswa kita akan belajar di mana saja dan itu butuh kerja sama dengan seluruh pihak. Nantinya kerja sama dengan PWI Cirebon ini akan kita tuangkan dalam draft MoU,” katanya.(din)

Terkini