Dibuka Resmi Lurah Kalijaga, DKM Subulussalam Gelar Pelatihan Pemulasaraan Jenazah


Pelatihan Pemulasaraan Jenazah yang diselenggarakan oleh Pengurus DKM Subulussalam diikuti 30 peserta di Masjid Subulussalam, Minggu (20/2/2022).


HARJAMUKTI, FC - Pentingnya pengetahuan dan wawasan tentang Pemulasaraan Jenazah, Pengurus DKM Subulussalaam, RW 14 Permata Harjamukti Utara, Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon menggelar kegiatan Pelatihan Pemulasaraan Jenazah, Minggu (20/2/2022).

Kegiatan yang diselenggarakan sehari penuh di Masjid Subulussalam ini, melibatkan sedikitnya 30 peserta dan menghadirkan Drs. HM.Utsmani, MH sebagai Pemateri dan Ustadz  Agus  Hardianto sebagai Instruktur.

Ketua Panitia, Didi Sunardi, SE dalam laporannya menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut dalam rangka mempersiapkan tenaga terampil di wilayahnya dalam upaya menanggulangi dan membantu Jamaah Masjid Subulussalaam ketika ada musibah kematian.

Kegiatan fadhu kifayah ini juga untuk memperluas ilmu pengetahuan dan wawasan jamaah Masjid Subulussalaam sehingga diperlukan adanya pelatihan Pemulasaraan mengurus Jenazah. 

"Kegiatan ini juga untuk menjadi media mengingat kematian dan meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT," jelas Sekretaris PD DMI Kota Cirebon, juga Wakil Ketua DKM Subulussalam, H. Didi Sunardi SE.

Hal senada dinyatakan Ketua DKM Subulussalaam, Naim Abdurachman, di mana dalam kata sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian pra ramadhan 1443 H. Rangkaian tersebut di antaranya kegiatan Gurah, Pemulasaraan Jenazah, Diklat Kepemimpinan Remaja Masjid, Pelatihan Sholat Menuju Sempurna, Peringatan Isra Mi'raj dan Rukyah Massal. 

Naim juga menambahkan, kepada peserta diharapkan dapat mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan baik dan sungguh-sungguh. Karena hanya orang yang terpanggil hatinya yang bisa mengikuti kegiatan ini dan juga menjadi garda terdepan bila suatu saat ada yang meninggal dunia. 

Sementara Ir H Sri Budi Hardjo, Anggota Komisi III DPRD Provinsi Jawa Barat atau yang akrab dipanggil SBH menyampaikan bahwa dirinya mengapresiasi dan menyambut baik atas terselenggaranya acara ini karena jarang dan langka diadakan. 

Kehadirannya diakui, karena memang di setiap akhir pekan mendapat tugas dari  DPRD Provinsi Jawa Barat untuk berkunjung dan bersilaturahmi ke Dapil nya. 

"Hasil kegiatan ini diharapkan peserta dapat mengamalkan ilmu yang telah didapat dan semua selalu tetap menjaga protokol kesehatan, Covid 19 hingga kini belum berakhir," papar SBH.


Sementara itu, Lurah Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Entis Sutisna, SE secara resmi membuka kegiatan Pelatihan Pemulasaraan Jenazah yang diadakan di Masjid Subulussalaam. 

Tisna dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam hukum Islam mengurus Jenazah adalah fardhu kifayah, itu artinya diantara umat Islam diwajibkan memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan bagaimana cara memandikan, mengkafani, menghalalkan dan menguburkan Jenazah sesuai dengan ketentuan syariat Islam. 

Menurut Sutisna, Pemerintah Kelurahan Kalijaga menyambut baik dan mengucapkan terimakasih kepada DKM Subulussalaam yang telah memprakarsai kegiatan ini dan ke depan diharapkan Ustadz Didi Sunardi bisa membantu untuk dilaksanakan di tingkat Kelurahan Kalijaga Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon.  (Red/Didi)

Terkini