ORMAWA IAIN Cirebon Sebar 1000 Kupon Daging Hewan Kurban

Sejumlah mahasiswa dari ORMAWA IAIN Syekh Nurjati Cirebon bersama civitas akademika IAIN, tengah melakukan penetelan daging hewan kurban di halaman gedung Ma'had Al Jami'ah.


FOKUS CIREBON, FC - IAIN Syekh Nurjati Cirebon melalui Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) menyelenggarakan kegiatan sedekah kurban. Penyembelihan hewan dilakukan di halaman Ma'had Al Jami'ah IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Selasa, (12/7/2022).

Ketua Pelaksana Kurban, Hasyim SE, M.Ak yang juga menjabat sebagai Kasubag Umum IAIN Syekh Nurjati Cirebon, kepada fokuscirebon.com menyatakan, bahwa pada Hari Raya Idul Adha tahun 2022 ini, panitia menyebarkan 1000 kupon, dengan jumlah hewan kurban sebanyak 21 ekor kambing dan 2 ekor sapi.

Jumlah hewan kurban ini, lanjut Hasyim, dari Bank mitra IAIN, di antaranya Bank BRI Kartini, Bank Syariah Mandiri, BSI Cipto, CIMB, KA Biro AUAK IAIN Syekh Nurjati Cirebon, GenBi dan ORMAWA IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

"Pendistribusiannya diserahkan kepada mahasiswa, dan akan dibagikan kepada civitas akademika IAIN Cirebon yang kurang mampu, seperti Satpam, Cleaning Service, pegawai honorer dan masyarakat di sekeliling kampus IAIN," katanya.

Hasyim juga menjelaskan, bahwa kurban tahun ini bertepatan dengan hari tasyrik, dan masuk kerjanya para pegawai, sehingga proses pemotongan dan penetelan daging akan lebih cepat. 

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan kegiatan pertama yang melibatkan mahasiswa. Di mana hewan kurban ini mayoritas berasal dari ORMAWA IAIN Syekh Nurjati Cirebon, sisanya dan Bank Mitra IAIN serta sejumlah pejabat di IAIN Cirebon.

"Ya, harapannya adalah selain rasa syukur, tahun depan bisa lebih semarak dan hewan kurban bertambah, sehingga bisa berbagi lebih banyak lagi," ucap Hasyim. 


Sementara menurut Presiden Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Fatihul Fauzi menyatakan, ini adalah momentum berbagi dan juga momentum edukasi bagi para mahasiswa.

Menurut Fauzi, kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa dalam pendistribusian kepada masyarakat sesuai dengan tema kurban saat ini yakni 'Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon untuk masyarakat'. 

"Dari ORMAWA ada penyerahan 17 kambing mulai dari institut sampai tingkat HMJ. Untuk Sapi berasal dari teman teman Bidik Misi, dan nanti distribusinya melibatkan Forum mahasiswa GenBi, juga teman-teman penerima beasiswa, maka dengan kegiatan ini saya berharap teman-teman mahasiswa bisa belajar untuk berbagai terhadap sesama," tandasnya.

Sementara itu, kegiatan kurban ini juga dihadiri oleh petugas DKP3 Kota Cirebon. Petugas DKP3 di lokasi pemotongan langsung melakukan peninjauan dan pendataan untuk memastikan hewan yang dipotong sehat. (din)






Terkini