Mentoring Menjadi Inovasi Baru dalam Upgrading HMJ IQTAF

CIREBON, FC. Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir (IQTAF) IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar acara Upgrading dengan tema "Transformasi Kinerja Kerja HMJ IQTAF yang Cerdas dan Berintegritas dalam Bingkai Solidaritas" di Pendopo Bupati Cirebon, Kamis, 04 Agustus 2022.

Acara tersebut resmi dibuka pukul 08.30 WIB oleh Ketua Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, H. Muhammad Maimun, M.A., M.S.I.

H. Muhammad Maimun, M.A., M.S.I., selaku Ketua Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir menegaskan bahwa acara ini merupakan acara penting sebagai sarana untuk meningkatkan progres HMJ IQTAF, dan acara ini berisi evaluasi, mentoring, dan sharing season.

Sehingga diharapkan HMJ IQTAF mampu memanfaatkan diskusi untuk mengolah permasalahan dan ide-ide agar mencapai output yang baik.

"Alhamdulilah kita sudah memasuki bulan ke delapan yang merupakan rangkaian agenda kegiatan di suatu organisasi untuk mentoring atau evaluasi, agar mencapai peningkatan progres HMJ. Pada hakikatnya, ketika kita berorganisasi, berarti mampu melaksanakan aktivitas simbolik terhadap orang lain," ucap Maimun.

"Teman-teman dalam upgrading ini dapat melakukan evaluasi terhadap program-program agar dapat tercapai dengan baik," tambah Maimun.

Ketua Pelaksana, Dinda Febriani,  menegaskan bahwa acara ini merupakan acara esensial yang terdapat inovasi baru di dalamnya, dengan menggunakan mentoring dan mengundang beberapa demisioner, dan dari acara ini diharapkan terjalin komunikasi yang baik agar terwujudnya rasa tanggung jawab dan solidaritas, serta dapat membantu progres HMJ kedepannya.

"Menggunakan mentoring dalam acara ini merupakan inovasi baru dari kinerja kerja sebelumnya, memberikan ruang untuk alumni atau demisioner agar berperan juga dalam acara ini, dengan pengalaman mereka, setiap satu divisi diberi satu mentor untuk memberikan arahan, pengalaman, serta motivasi pada divisi tersebut," ucap Dinda.

"Semoga acara ini dapat memberikan progres yang baik kedepannya," tambah Dinda.

Di kesempatan yang sama, Alfath Pangestu Danar, selaku Ketua Umum turut memberikan beberapa ucapan terkait acara tersebut.

Alfath menegaskan bahwa esensi dari acara ini merupakan peningkatan kepengurusan, memberikan rasa nyaman dan motivasi membara, serta bersama-sama bersuara, memberikan saran dan keluhannya di forum mentoring.

"Esensi dari upgrading untuk meningkatkan kepengurusan. Menciptakan kenyamanan dan semangat baru untuk pengurus, dengan sama-sama memberikan saran dan keluhannya di forum mentoring. Diharapkan, dapat memberikan semangat yang bulat karena HMJ IQTAF masih banyak acara ke depannya," ucap Alfath.

Sementara itu, acara Upgrading yang erjalan lancar ini, sebelumnya melalui beberapa tahapan, seperti mentoring, sharing session, dan ditutup dengan evaluasi.

Pada acara ini para pengurus diharapkan mampu menumbuhkan kembali semangat dan tekad yang bulat, memperbaiki kinerja kerja, dan terus membantu mengepakkan sayap HMJ IQTAF ke depannya. (Red/Faqieh)

Terkini