Tadris Matemtika FITK IAIN Cirebon Kerjasama Komunitas Peminat Aljabar Gelar Seminar

 

FOKUS CIREBON, FC - Jurusan Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon bekerjasama dengan Komunitas Peminat Aljabar wilayah Barat menyelenggarakan kegiatan seminar Komunitas Peminat Aljabar, bertempat di gedung Rektorat Lantai 2, Sabtu (24/9/2022). 



Dekan FITK, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Farihin, M.Pd, menyatakan bahwa seminar Komunitas Peminat Aljabar adalah kegiatan yang diselenggarakan atas kerjasama antara Jurusan Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan Komunitas Peminat Aljabar Wilayah Barat. 

"Komunitas Peminat Aljabar ini adalah bagian dari Organisasi Indo MS yaitu organisasi bidang Matematika dan Sains di Indonesia," terangnya saat membuka kegiatan tersebut.

Hadir pada kegiatan ini Ketua Jurusan Tadris Matematika, Dr. Muhamad Ali Misri, M.Si, Ketua Pelaksana, Herlinda Nur’Afwa Sofhya, M.Si. dan Ketua Komunitas Peminat Aljabar Pusat, Bapak Dr. I Gede Adhitiya Wisnu Wardhana, M.Si. 

Sementara itu, kegiatan seminar KPA ini terbagi menjadi dua sesi, sesi pertama disampaikan oleh Dr. Faisal, S.Si., M.Si., (Dosen dari BINUS University) dengan materi tentang “An Algorithms for Finding the Cube Roots in Finite Fields” dan di moderatori oleh Dosen Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon yaitu Rezza Oktiana Akbar, M.Pd.

Ya g menarik adalah sebelum dilanjutkan ke sesi kedua, kegiatan sejenak di break dan ditampilkannya mahasiswa Tadris Matematika (Amanda) yang membawakan lagu “Tak Ingin Usai”. 

Kemudian selanjutnya sesi kedua dilanjut dengan pembahasan materi tentang “Aplikasi Pewarnaan Graf: Pemodelan Penjadwalan Ujian Berbasis Algoritma Bitwise Coloring menggunakan Python” yang disampaikan oleh Dr. Samsul Arifin, S.Si., M.Sc (Dosen BINUS University) dan dipandu oleh Yandi Heryandi, M.Pd (Dosen Tadris MTK IAIN Syekh Nurjati Cirebon). 

Farihin juga menjelaskan, bahwa seminar ini diikuti sebanyak kurang lebih 280 orang dari segala kalangan, mulai dari mahasiswa S1, S2, dan S3, Guru, Dosen dan seluruh Civitas Akademika yang ada di seluruh Indonesia. 
 
"Seminar Komunitas Peminat Aljabar (KPA) ini menjadi jembatan untuk menjalin kerjasama antar Komunitas Peminat Aljabar Wilayah Barat, Organisasi Indo MS, dan Jurusan Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon," katanya.

Selain itu, dengan adanya seminar ini tentunya dapat meningkatkan eksistensi Jurusan Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon, khususnya di bidang Aljabar, agar lebih dikenal di seluruh Indonesia. 

"Besar harapan kami, dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan seluruh peserta seminar ini khususnya di bidang Aljabar," harapnya. (din)

Terkini