Milad PGMI Ke 13, Kajur Harapkan Dukungan Fakultas dan Rektorat

Hari Jadi PGMI Ke 13, Tampilkan berbagai lomba dan kreasi peserta tingkat wilayah III Cirebon dan nasional.


FOKUS CIREBON, FC - Jurusan Pendidikan Guru Madrasayah Ibtidaiyah (PGMI), IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar berbagai kegiatan festival dan Hybrid Nasional. Kegiatan ini dalam rangka memperingati hari lahir PGMI Ke 13. 

Nazma Amelia, Mahasiswa semester 5 Jurusan PGMI menyatakan, Festival PGMI ini merupakan kegiatan tahunan pasca pandemi covid 19. 

"Alhamdulillah, tahun ini kami bisa melaksanakan lagi festival PGMI secara offline untuk kategori Ciayumajakuning dan juga hybrid nasional," ujar Nazma, Ketua Penyelenggara Kegiatan, Rabu, (19/10/2022).

Menurutnya, dengan tema "Ekspresikan Seni, Lestarikan Tradisi dan Torehkan Prestasi", pihaknya berhasil menghadirkan 250 peserta dari wilayah Ciayumajakuning. 

Jumlah peserta ini datang dari 36 sekolah di antaranya MI, SD dan SDIT dan peserta dari Tanggerang dan lainnya.

Masih kata Nazma, festival dan lomba-lomba yang digelar, di antaranya lomba seni, lomba vokal, menyanyi lagu daerah, lomba puisi dan lomba menggambar serta mewarnai dan juga lomba tari kreasi.

Sedangkan lomba islaminya, lanjut Nazma, seperti lomba Pildacil, lomba Tahfid juga lomba Murrotal dan kemudian lomba cerita rakyat.

Hal senada disampaikan Syibli Maufur, M.Pd, Kajur PGMI, bahwa kegiatan tersebut dalam rangka milad PGMI yang ke 13. "Ini sangat menggembirakan, karena kita sudah 2 tahun fakum, dan terakhir kegiatan offline festival PGMI ini dilaksanakan pada tahun 2019.

"Alhamdulillah, peserta pada tahun ini cukup baik dan meningkat, diikuti oleh 36 MI, SD dan SDIT SE wilayah III Cirebon. Semoga ini menjadi gairah dan semangat anak-anak kita yang sudah dua tahun terpendam," katanya.

Maka dengan kegiatan ini, kita tingkatkan dan mengeksplorasi semua bakat anak anak kita yang selama ini tidak bisa tercurahkan dengan baik.

Kendati demikian, Syibli Maufur berharap, ke depan kegiatan PGMI yang secara rutin setiap tahun bisa terus dilaksanakan. 

"Semoga di tahun yang akan datang  pesertanya lebih banyak lagi dan untuk kampus diharapakan pada kegiatan ini memberikan dukungan penuh, bukan hanya di jurusan, tapi juga di fakultas dan rektorat," tandasnya. (din)

Terkini