Mahasiswi IAIN Cirebon Juara 1 Hafal Hadits dan Sanad

 

FOKUS CIREBON, FC - Mahasiswi IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Khilda Minhatul Maula, dari Fakultas Ushuluddin dan Adab, Jurusan Ilmu Hadits, sukses menyabet juara 1 pada ajang bergensi MTQ ke 48 tingkat Kabupaten Cirebon, yang diselenggarakan di Kaliwedi, dari tanggal 1-6 Nopember 2022.

Khilda Minhatul Maula mengaku kesuksesan itu diraihnya di cabang kejuaraan Haifdzul Hadits. 

Mahasiswi semester 5 ini, mampu menggeser lawan-lawannya dengan motivasi dan kemampuan yang dimilikinya. 

"Alhamdulillah dari perlombaan cabang Hifdzul Hadits ini saya dinobatkan sebagai juara 1, dan ini adalah hasil yang menggembirakan, baik bagi keluarga maupun almamater, kampus saya," katanya, Senin, (7/11/2022).

Menurut Khilda Minhatul Maula, saat berjuang hingga menjadi juara, persiapannya yang dilakukan seperti lomba pada umumnya. 

"Saya hanya banyak mengulang hafalan di tengah banyak sekali tugas kuliah, termasuk menyempatkan menghafal  setelah shalat. Terutama menghafal di waktu sebelum subuh, karena jam-jam segitu, otak kita masih fresh otak untuk  menghafal," ujarnya.

Sebagai juara, dirinya ingin membagikan tip kepada para mahasiswa yang akan dan sedang mengikuti perlombaan. Kata Khilda Minhatul Maula, jangan terlalu terjebak dengan juara atau tidak, yang terpenting justru harus bisa mencintai dari bidang yang akan dilombakan.

"Kalau belum bisa mencintai, maka akan sulit, sama halnya dengan menghafal Qur'an. Selalu berdo'a, merenung setiap kita menghafal apakah bisa manfaat khususnya bagi diri sendiri, orang lain, dan keluarga. kemudian jangan pernah gugup untuk maju, lakukanlah semaksimal mungkin dengan passion/gayamu sendiri, dan jangan pernah berhenti di jalan," tandasnya menutup perbincangan dengan fokus cirebon. (din)

Terkini