Penandatanganan Kerjasama, Sesko TNI - IAIN Cirebon Bangun 'Center Of Excellence '

Komandan Sesko TNI, Marsekal Madya TNI Diyah Yudanardi berjabat tangan dengan Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Sumanta, M.Ag sesuai penandatanganan Kerjasama (MoU).


FOKUS CIREBON, FC - Sekolah Staf dan Komando TNI melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Rabu, (9/11/2022), di ruang Auditorium lantai 3, gedung Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Kegiatan yang langsung dihadiri Komandan Sesko TNI, Marsekal Madya TNI Diyah Yudanardi dan Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Sumanta M.Ag dibuka dengan penayangan profil kedua institusi ini.

Yang menarik dari kedua profil ini, sama sama mengusung 'Center Of Excellence', atau sebagai pusat keunggulan. Pernyataan ini juga disampaikan Sumanta saat memberikan sambutan pada acara pembukaan kerjasama sama tersebut. 

Sumanta juga mengaku senang dapat bekerja sama dengan Sesko TNI dalam hal penyelenggaraan pendidikan tinggi bagi anggota TNI. Menurut Sumanta, IAIN Cirebon punya beberapa jurusan yang relevan untuk menunjang pendidikan tinggi di Sesko TNI. 

"Ini merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bagi kami IAIN Cirebon digandeng untuk kerja sama. Antara IAIN Cirebon dan Sesko TNI. Keduanya memiliki orientasi membentuk kader dan membentuk SDM yang unggul," kata Sumanta. 

Menurutnya, IAIN Cirebon sedang bertransformasi menjadi kampus bertaraf universitas dan berbasis siber.  Sehingga pengembangan potensi akademik menjadi prioritas. 

"Hanya saja bidang keilmuan yang digarap berbeda. Tapi mengarah pada satu titik yaitu menuju generasi unggul 'center of exellent' yang menjadi titik temu antara IAIN Cirebon dan Sesko," kata Sumanta. 

Sementara itu, Komandan Sesko TNI, Marsekal Madya Diyah Yudanardi menjelaskan, penandatanganan MoU antara Sesko TNI dan IAIN Cirebon punya nilai sejarah dan nilai strategis bagi kedua pihak. 

"Kerja sama antara Sesko TNI dan IAIN Cirebon memiliki nilai sejarah dan nilai strategi bagi kedua pihak dalam melaksanakan tugas masing-masing menyangkut Tri Dharma Perguruan Tinggi," katanya.

Menurut Diyah, penandatanganan MoU tersebut menjadi payung hukum bagi Sesko TNI dan IAIN Cirebon untuk menyusun upaya kerja sama sampai ke tingkat teknis. Terutama dalam kolaborasi pendidikan tinggi bagi staf dan komandan TNI.

"Saya berharap melalui kerja sama ini tercipta sinergi antara pejabat di lingkungan IAIN Cirebon dan Sesko TNI sehingga kerjasama ini bisa saling menguntungkan dan berkesinambungan," harapnya.

Diketahui, Sesko TNI membuka kerjasama dengan IAIN Syekh Nurjati Cirebon di bidang pendidikan tinggi bagi anggota TNI. Hal itu dikuatkan dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Sekolah Staf dan Komandan (Sesko) TNI dengan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Rabu (9/11).

Penandatanganan dilakukan langsung Komandan Sesko TNI, Marsekal Madya Diyah Yudanardi dan Rektor IAIN Cirebon, Dr H Sumanta Hasyim MAg di Aula Pascasarjana IAIN Cirebon.

Ada tiga poin utama dalam kerja sama Sesko TNI dan IAIN Cirebon. Antara lain pertama kegiatan dalam rangka pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. 


Kedua implementasi kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Serta ketiga kerja sama dalam rangka menunjang pelaksanaan tugas para pihak sesuai dengan fungsi dan kewenangan masing-masing serta berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. (din)

Terkini