KPI IAIN Cirebon Sukses Bedah Budaya Dalam Transformasi Digit

FOKUS CIREBON, FC - Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), IAIN Syekh Nurjati Cirebon, menggelar Opening Ceremony ulang tahun Jurusan KPI ke 21, dengan tema "Pentingnya Aspek Budaya Dalam Mengiringi Transformasi Digital," yang digelar di Keraton Kasepuhan.

Hadir pada kegiatan ini, Patih Sepuh Keraton Kasepuhan Elang Raja Gumelar Suryadiningrat, Wakil Dekan 2 FDKI, Dr. Arief Rachman, Ketua Jurusan KPI H. Aan Mohamad Burhanudin, Sekprodi Asriyanti dan para dosen KPI, serta ratusan mahasiswa KPI dan para tamu undangan. 

Acara ini dibuka langsung oleh Ketua Jurusan KPI H. Aan Mohamad Burhanudin, MA. Pada kegiatan ini, Aan menyatakan bahwa tema- tema yang digagas dan diusung mahasiswa KPI ini menurutnya adalah  gagasan besar yang harus di dukung oleh semua pihak. 

Apalagi, lanjut Aan, di era sekarang ini, identitas kultural dan jati diri kita sebagai bangsa Indonesia sudah tergerus oleh pengaruh negatif dari perkembangan zaman yakni kemajuan digital. Sehingga tema ini sangat relevan dengan G20 Bali Leader Declaration di mana salah satu pointnya adalah penghormatan dan pelestarian budaya.

"Hal ini mudah-mudahan menjadi harapan besar kami di Jurusan KPI, di mana mahasiswa KPI mampu menjadi yang terdepan dalam menjaga dan melestarikan budaya agar tidak tercerabut dari akar tradisi masyarakat kita. Namun ini tentu juga harus dibarengi dengan program-program real dan aksi nyata, sehingga ke depan akan menjadi kontribusi dan peran mahasiswa yang signifikan," ujarnya.

Namun demikian, kata Aan, transformasi digital sekarang ini juga merupakan sebuah keniscayaan yang tidak bisa kita hindari, dan tentu kita harus membekali mahasiswa dengan skill digital yang mumpuni dan mampu memanfaatkannya secara bijak utk kepentingan yang baik dan bertanggung jawab. (Nurdin)

Terkini