Butuh Masukan DPRD Untuk Penyempurnaan, Pemkot Cirebon Sampaikan RPJMD Ke DPRD

CIREBON - Dibutuhkannya masukan bagi penyempurnaan RPJMD, Pemerintah Kota Cirebon menyampaikan rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2018 – 2023 kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Cirebon, Selasa (22/1) di Griya Syawala.

Penyampaian RPJMD tersebut dipaparkan oleh Kepala BPPPPD Kota Cirebon, Arief Kurniawan dihadapan Pimpinan dan Anggota DPRD, Wakil Walikota Cirebon, dan Sekretaris Daerah Kota Cirebon.

“RPJMD ini disampaikan terkait dengan penyampaian batas waktu bahwa 40 hari setelah Wali Kota dan Wakil Wali Kota dilantik, maka kita wajib menyampaikan ke DPRD untuk disepakati,” kata Arief kepada awak media usai acara.

Arief mengungkapkan dengan penyampaian ini, agar pemerintah kota bisa mendapat masukan dari DPRD untuk penyempurnaan rancangan awal. Setelah ada nota kesepakatan, yang diharapkan sebelum Tanggal 1 Februari 2019, maka semua kelengkapan akan dibawa ke Gubernur.

“Jadi, antara RPJMD Provinsi dan RPJMD Kabupaten Kota akan singkron dan nyambung nantinya,” ungkapnya.

Dalam RPJMD ini tentu, lanjut dia, semua Dinas harus siap, namun dalam sektor pariwisata kesiapan Dinas Pariwisata sendiri masih harus didorong dimana hampir beberapa perangkat daerah utama harus didorong dan didukung.

“Kita bisa lihat di Dinas Pariwisata belum ada kepala dinasnya, masing-masing bidang belum solid dan menjadi kendala tersendiri,” ujarnya.

Arief menjelaskan, setelah RPJMD disingkronkan dengan provinsi, maka pemerintah kota akan menggelar Musrenbang RPJMD. Kemungkinan di Tahun ini ada dua Musrenbang tentang RPJMD dan RKPD.

“Rencananya awal bulan maret musrenbang. Ada satu tahun di 2018 hilang, tapi tetap kita sinergiskan 2019,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Cirebon, Hj Eti Herawati mengatakan, setelah hari ini sampai Tanggal 29 Januari 2019 akan ada masukan dari DPRD untuk RPJMD Kota Cirebon 2018-2023. Apa yang disarankan dari DPRD, menjadi masukan pemerintah Kota Cirebon.

“Kami tetap mengedepankan Cirebon Bersih, Cirebon Hijau, dan Cirebon Tertib menjadi pijakan kita semua,” kata Eti.

Eti menuturkan Program Pemerintah Kota akan diselaraskan dengan legislatif. Kemudian, lanjut dia, dalam beberapa minggu terakhir dirinya mengawal di Dinas Pariwisata yang menjadi PR semua.

“Mudah-mudahan DPRD memberikan masukan untuk RPJMD Kota Cirebon,” pungkasnya. (Anin)

Terkini