Top 15 Mahasiswa Ushuluddin dan Adab IAIN Syekh Nurjati Cirebon Berhasil Menulis Artikel

FOKUS CIREBON, FC - Sebanyak 15 Mahasiswa berhasil tuntas menulis artikel ilmiah terstandar. Keberhasilan ini dicapai melalui kegiatan Academic Writing yang digelar oleh Fakultas Ushuluddin dan Adab (FUA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon. Acara dilaksanakan di Aula Lt. 5 Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Syekh Nurjati Cirebon Sabtu-Minggu, 25-26 Februari 2023.

Kampus Unggul Terkemuka Dr. Anwar Sanusi, M.Ag., Dekan FUA IAIN Syekh Nurjati Cirebon, adalah sosok yang menginisiasi kegiatan Academic Writing for Student. Agenda ini khusus dilaksanakan bagi mahasiswa FUA IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

“Mahasiswa mesti mendapat dukungan fasilitas untuk mengembangkan kapasitas keterampilan. Salah satunya keterampilan menulis artikel untuk tujuan publikasi di jurnal ilmiah,” ungkapnya.

“Kampus unggul bisa terwujud melalui produktivitas publikasi ilmiah. Jika mahasiswa berhasil mempublikasikan artikel di jurnal ilmiah, tentu hal itu merupakan prestasi dan keunggulan,” lanjutnya.

“Kami optimis mahasiswa mampu menulis artikel dan mempublikasikannya di jurnal ilmiah. Academic Writing yang secara khusus diperuntukan bagi kalangan mahasiswa merupakan upaya menuju kampus terkemuka,” tuturnya.

Melatih Penggunaan Mendeley Kegiatan Academic Writing meliputi pra, pelaksanaan, dan pasca. Materi pra mencakup kerapian dalam menulis, penggunaan Mendeley, dan penyampaian modul latihan.

“Kerapian menjadi prinsip utama dalam menulis artikel ilmiah. Penggunaan manajemen pengutipan Mendeley sangat penting untuk kerapian tulisan dan validitas referensi. Mahasiswa kita arahkan supaya mampu mengoperasikan Mendeley. Juga diarahkan untuk menggunakan acuan modul latihan,” papar Dr. Anwar Sanusi, M.Ag.

Saat pelaksanaan, mahasiswa dilatih praktik menulis artikel menggunakan acuan modul terstandar. Modul ini mencakup tahapan mulai Tahap 1 sampai Tahap 11. Setelah mahasiswa tuntas menulis artikel, dosen melakukan Re-See untuk meninjau kembali mana area yang harus dipotong, ditambah, dan ditata ulang.

65% Peserta Tuntas Menulis Artikel Peserta sebanyak 30 Mahasiswa yang merupakan utusan dari masing-masing program studi di lingkungan FUA IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Yaitu Jurusan Sejarah Peradaban Islam (SPI), Jurusan Ilmu Hadis (IH), Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA), Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi (TAPSI), Jurusan Aqidah dan Filsafat Islam (AFI), dan Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT).

Kegiatan Academic dilaksanakan secara hybrid yaitu model online (tanggal 21-24 Februari) dan model offline (tanggal 25-26 Februari). Di masa pra pelaksanaan berhasil 3 (tiga) Mahasiswa tuntas menulis artikel tanggal 24 Februari. Yaitu Raka Ramandita Jurusan BSA, Khilda Minhatul Maula Jurusan IH, dan Muhammad Ali Jurusan SPI.

Disusul tuntas menulis 6 (enam) Mahasiswa tanggal 26 Februari, yaitu Abdul Hamid Jurusan IAT, Khoirul Anam Jurusan IH, Mia Rahmayanti Jurusan IH, Aisyah Jurusan IH, Nurlelah Jurusan IAT, dan Rofingatun Nguluwiyah Jurusan SPI.

Lalu disusul pula oleh 6 (enam) Mahasiswa, yaitu Aminaturrahma Jurusan BSA, Salma Mumtazah Jurusan SPI, Ummu Aiman Jurusan BSA, Imas Dariah Jurusan SPI, Rizqi Alfarel Jurusan AFI, dan Silfa Tamami Solihati Jurusan AFI. Keenam peserta ini hanya tersisa penyempurnaan Tahap 10 dan Tahap 11.

Jadi seluruhnya ada 15 Mahasiswa yang dinyatakan tuntas menulis artikel terstandar. Bahkan, sisanya ada 4 (empat) Mahasiswa telah sampai Tahap 6, yaitu Hapiz Ilham Maulana Jurusan IH, Alfiyah Makarrim Jurusan TAPSI, Nurfadilah Jurusan IAT, dan Raihan Athaya Mustafa Jurusan AFI.

“Sebanyak 65% mahasiswa tuntas menulis artikel terstandar. Sebelumnya peserta 30 orang tapi di tengah jalan ada yang mengundurkan diri 7 orang karena alasan sakit dan terkendala tidak punya laptop. Jadi total jumlah peserta 23 orang dan berhasil tuntas menulis 15 orang,” ungkap Dr. Anwar Sanusi, M.Ag.

Kegiatan dilaksanakan dengan strategi Writing Sprints di mana peserta mengerjakan tahapan secara balapan. Tiap tahap ada juara sebagai tercepat mengerjakan penulisan artikel ilmiah.

Kegiatan Academic Writing menggandeng Fakultas Ushuluddin (FU) UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Ini merupakan agenda tindak lanjut kerja sama antara FUA IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan FU UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Dekan FU UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengaku senang bisa melaksanakan tindak lanjut kerja sama. “Ini merupakan bentuk kolaborasi yang menghubungkan potensi-potensi mahasiswa secara strategis,” tutur Dekan FU UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Dekan FU UIN Sunan Gunung Djati Bandung menerjunkan Tim Kelas Menulis yaitu Hidayatul Fikra, Susanti Vera, dan Fitriani. Ketiganya bertugas menjadi fasilitator dalam kegiatan Academic Writing. Mereka adalah pengelola jurnal-jurnal mahasiswa di FU UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Peserta yang telah tuntas menulis artikel diarahkan menjadi pendamping untuk teman-temanya yang sedang mengerjakan tahapan. Karena target kegiatan Academic Writing ini seluruh peserta harus tuntas menulis.

Selanjutnya, para peserta Academic Writing disiapkan untuk membagikan pengalamannya kepada adik-adik angkatan. Para peserta lulusan pelatihan mendapat tugas untuk membentuk Kelas Menulis.

Dari Kelas Menulis itu pasti dihasilkan sumber daya terlatih dalam pelaksanaan penelitian, penulisan artikel dan publikasi ilmiah. Bukan itu saja tetapi mahasiswa akan aktif dalam kegiatan konferensi dan pengelolaan jurnal ilmiah.

“Penulisan yang dikerjakan oleh mahasiswa telah memenuhi standar. Sehingga dipastikan 15 artikel mahasiswa hasil kegiatan Academic Writing terbit di jurnal ilmiah dalam waktu yang tidak akan lama lagi,” tutur Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Dekan FU UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Kegiatan Academic Writing mendapat dukungan penuh dari jajaran pengelola jurusan, dosen-dosen, dan pengelola jurnal FUA IAIN Syekh Nurjati Cirebon. “Kegiatan ini menjadi rintisan pembentukan Kelas Menulis menuju kampus unggul terkemuka,” pungkas Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag.

Terkini