Tim Riset FITK IAIN Cirebon Dinobatkan Juara 1 Kategori naskah Terinovatif Pada Ajang AICOIES 2023

FOKUS CIREBON, FC - Tim Riset Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Syekh Nurjati Cirebon Raih Juara 1 Kategori Naskah Terinovatif  pada Ajang AICOIES 2023 yang di selenggarakan di UIN Sumatera Utara Medan, Jumat (12/05/2023).

Kegiatan AICOIES merupakan akronim dari Annual International Conference on Islamic Education for Student dalam ajang konferensi internasional dan kompetisi ilmiah Bidang Riset.

Program AICOIES adalah agenda tahunan Wakil Dekan III PTKIN se-Indonesia, yang bersamaan dengan agenda Forum Dekan Tarbiyah.

Pada tahun ini FITK UIN Sumatera Utara Medan yang bertindak sebagai Tuan Rumah dalam gelaran event tersebut.

Kegiatan AICOIES 2023 mengusung tema ‘Enriching Future Generations through Islamic Character Education in Building Millenial Religious Moderation’.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama empat hari yaitu 9-12 Mei 2023 di Hotel Niagara Parapat Danau Toba Sumatra Utara.

Dalam kegiatan tersebut, Tim Riset FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Mereka merupakan pengurus DEMA FITK saat ini diantaranya adalah Miftah Hudin selaku ketua Dema FITK mahasiswa Program Studi PAI, Ahmad Fuad Adzis sebagai ketua Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dari Program Studi PAI dan Syarifah Mudaimah merupakan anggota dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mahasiswi Program Studi Tadris Matematika.

Pada penyampaian materi disana, Miftah Hudin mewakili Tim bertindak sebagai presenter yang mana menggunakan bahasa Inggris.

“Meskipun presentasi berbahasa Inggris dan saya disana sendirian, saya tetap berusaha semaksimal mungkin agar dapat memberikan yang terbaik untuk Kampus Tercinta,” ucapnya.

Syukur Alhamdulillah Karya yang berjudul “Implementation of the Concept Moderation of Religion Based on Local.

Wisdom at Cyber Campus Syekh Nurjati Cirebon” berhasil mendapatkan penghargaan sebagai juara pertama Kategori Naskah Terinovatif.

“Kami haturkan terimakasih banyak kepada Ibu Dr. Yuyun Maryuningsih selaku pembimbing dan Bapak Dr. Saefudin selaku Dekan FITK yang selalu mensuport, juga mahasiswa FITK yang telah mendoakan sehingga kami dapat meraih juara pada event tersebut,” ungkapnya.

Agenda AICOIES yang merupakan agenda tahunan konferensi internasional bagi para mahasiswa Fakultas Tarbiyah PTKIN se-Indonesia, menjadi karakter kompetisi ilmiah bidang riset bagi para mahasiswa Fakultas Tarbiyah PTKIN

Selain agenda AICOIES, agenda Forum Dekan Fakultas Tarbiyah se-Indonesia juga dihadiri oleh para perwakilan Fordetak, yang terdiri dari para Dekan dan para Wakil Dekan Fakultas Tarbiyah.

Pada sesi yang lain, agenda Fordetak juga pemilihan ketua Forum Dekan Fakultas Tarbiyah yang baru yaitu Prof. Sumarni, M.Pd., yang terpilih menjadi ketua Fordetak untuk periode 2023, Dekan FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, menggatikan ketua sebelumnya yaitu Dr. Sururin, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. (din)

Terkini