Sambut Hari Raya Idul Adha 1444 H, Masjid Al Muhajirin Sumber Asri Potong 3 Ekor Sapi dan 13 Ekor Kambing

FOKUS CIREBON, FC - Sambut Hari Raya Idul Adha 1444 H, Masjid Al Muhajirin Sumber Asri, Desa Kecomberan, Kec. Talun Kabupaten Cirebon, menerima 3 ekor sapi dan 13 ekor kambing. Jumlah hewan qurban ini oleh warga diserahkan kepada panitia Idul Adha untuk dibagikan dagingnya kepada yang membutuhkan, Rabu, (28/6/2023).

Panitia hewan qurban, Edi Utomo mengatakan hewan qurban yang diterima panitia hingga pukul 21.00 WIB, pada malam takbiran, sebanyak 13 ekor kambing dan 3 ekor sapi.

Jumlah ini, kata Edi Utomo, meningkat dari jumlah hewan qurban yang diterima panitia pada tahun sebelumnya, khususnya hewan qurban sapi. 

"Alhamdulillah, Idul Adha 1444 H pada tahun 2023 ini ada peningkatan jumlah, panitia qurban mengucapkan terimakasih atas kepercayaan warga Sumber Asri yang sudah menitipkan hewan qurbannya kepada Masjid Al Muhajirin, dan kami bagikan seluruh daging qurban ini kepada warga di lingkungan Sumber Asri dan warga luar," kata Edi.

Edi Utomo menjelaskan, dalam kepanitiaan ini, seluruh rangkaian kegiatan dipusatkan ke persiapan  shalat Ied dan pemotongan hewan qurban, juga pembagian daging qurban bagi warga dilingkungan Sumber Asri dan warga luar penerima daging qurban. 

Untuk memudahkan pelaksanaan kegiatan ini, panitia menggunakan kaos khusus berlogo menara masjid. Tujuannya adalah agar ada keseragaman dalam kepanitiaan, dan panitia satu dengan panitia lainnya bisa saling berkoordinasi. Sehingga hal-hal teknis pada kegiatan menyambut Idul Adha 1444 H ini berjalan sukses.

"Untuk warga luar penerima daging qurban yang datang ke Masjid Al Muhajirin Sumber Asri, itu sudah disiapkan kartu penerima daging sebanyak 200 kupon. Jumlah ini dibagikan kepada warga luar yang sudah berebut ingin masuk ke halaman masjid agar mendapat daging qurban, dan semua berjalan dengan baik dan lancar," terang Edi.

Sementara itu, Ketua DKM Al Muhajirin Sumber Asri, Ustad Gaos Asy'ari S.Ag kepada media menyatakan, bahwa untuk kegiatan penyembelihan hewan qurban, khususnya sapi, itu menggunakan tenaga profesional dari luar.  

Tetapi untuk penetelan dan pembungkusan daging qurban itu dilakukan oleh seluruh panitia. "Ya, semua sudah kita siapkan dengan baik, mulai dari setting tempat untuk pengumpulan hewan, kemudian  penyembelihan hingga penetelan daging," tuturnya.


Menurut Gaos Asy'ari, seluruh hewan qurban yang dipotong, pada idul adha tahun 2023 ini, dagingnya diberikan kepada yang berhak, termasuk ke desa dan warga luar yang datang ke Sumber Asri.

"Semua berjalan baik, panitia juga sangat kompak, termasuk saat pembagian kupon bagi para penerima daging qurban. Untuk itu, kami atas nama panitia dan juga pengurus Masjid Al Muhajirin mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia dan masyarakat Sumber Asri yang sudah mempercayakan kepada kami, takmir masjid untuk menyelenggarakan kegiatan pemotongan hewan dan pembagian daging qurban," ucapnya. (din)



Terkini