Tadris Bahasa Indonesia IAIN Cirebon Bangun Kerjasama dengan APPBIPA Thailand

Berada di Bangkok, Thailand, Ketua Tadris Bahas Indonesia dan para dosen mengikuti seminar dan membuka kerjasama sebagai upaya pengenalan, promosi dan pelatihan bahasa indonesia bagi warga Thailand.


FOKUS CIREBON, FC - Ketua Jurusan dan para dosen Tadris Bahasa Indonesia FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengikuti kegiatan Seminar Internasional APPBIPA ke-3 di KBRI Bangkok, Kerajaan Thailand tanggal 1-2 Juni 2023.

Adapun nama-nama yang dimaksud adalah sebagai berikut, Tato Nuryanto, M.Pd. (Ketua Jurusan Tadris Bahasa Indonesia) sebagai Pemakalah; Dr. Indrya Mulyaningsih, M.Pd. sebagai Narasumber; Dra. Tati Sri Uswati, M.Pd. sebagai Pemakalah; Lilik Herawati, M.A., M.Pd. sebagai Pemakalah; Rianto, M.Pd. sebagai Pemakalah, dan Veni Nurpadilah, M.Pd.l, sebagai pemakalah.

Menurut Ketua Jurusan Tadris Bahasa Indonesia Tato Nuryanto, M.Pd, 
Kegiatan tersebut merupakan 
upaya pengenalan, promosi, dan pelatihan bahasa Indonesia bagi warga Thailand yang dimotori oleh Kedutaaan Besar Republik Indonesia di Bangkok, Kerajaan Thailand yang berkantor di The Embassy of the Republic of Indonesia 600-602 Petchburi Road Ratchatewi, Bangok 10400, Thailand, (662)2523135-40.

Menurutnya, keberadaan Bahasa Indonesia memiliki fungsi untuk menyatukan bangsa Indonesia yang memiliki beragam suku, bahasa, budaya serta dapat menyatukan bangsa-bangsa di ASEAN dan EROPA melalui bahasa, seni, budaya, film, dan aneka keragaman kearifan lokal yang dimiliki oleh Indonesia.

Melalui momen baik ini, Ketua Jurusan Tadris Bahasa Indonesia FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Tato Nuryanto, M.Pd menandatangani Nota Kesepahaman bersama dengan Puji Leksono, Ketua APPBIPA Thailand yang beralamat di Naresuan University Faculty of Humanities Thapoo, Muang Phitsanulok 65000 Thailand.

"Kerjasama ini, untuk saling menunjang dalam melaksanakan tugas-tugas pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pembangunan masyarakat dan bangsa, serta untuk mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)," terang Tato Nuryanto, M.Pd. (din)

Terkini